Bali United dan Persipura Terancam Batal Tampil di Piala AFC

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 14:45 WIB
Striker Bali United Ilija Spasojevic merayakan golnya ke gawang Persita Tangerang dalam laga Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4/2021).
Bali United dan Persipura Terancam Batal Tampil di Piala AFC (Dok Liga Indonesia Baru)
Jakarta -

Nasib Bali United dan Persipura Jayapura di Piala AFC tengah terancam. Ada kemungkinan AFC meniadakan fase grup Zona ASEAN karena tak ada tuan rumah sentralisasi.

Zona ASEAN terdiri dari Grup G, H, dan I. Grup H yang diisi Persipura dan Grup I sedianya digelar di Singapura merujuk dari keputusan AFC yang menggelar kompetisi antar-klub (Piala AFC dan Liga Champions Asia) di venue terpusat (sentralisasi).

Sementara Grup G yang diisi Bali United belum ada kepastian siapa yang akan menjadi tuan rumahnya. Besar kemungkinan Singapura juga yang akan menggelar babak Grup G.

Tetapi, Singapura mengundurkan diri karena situasi COVID-19 di sana. Sampai saat ini, belum juga ada kepastian siapa yang akan menjadi pengganti Singapura untuk menjadi tuan rumah Zona ASEAN.

Di sisi lain, fase grup Zona ASEAN sudah akan memulai pertandingan perdananya pada akhir Juni nanti. Persipura akan melawan Kedah Darul Aman pada 29 Juni, sementara Bali United bertemu Boeung Ket pada 30 Juni.

"Setelah Singapura mengumumkan mundur sebagai tuan rumah Grup H dan I, kami telah membuka kembali tawaran kepada negara-negara yang terlibat untuk menjadi tuan rumah. Sayangnya, belum ada negara yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah kedua grup," kata Sekjen AFC Datuk Windsor Paul John dikutip dari Sinar Harian.

"Karena itu, kami menyerahkan kepada komite kompetisi untuk membuat keputusan akhir. Semoga hasilnya diharapkan bisa diketahui pekan depan," ujarnya.

Sementara itu, Piala AFC fase grup dari zona lainnya yakni Zona Asia Barat dan Zona Asia Tengah sudah rampung digelar. Sesuai keputusan AFC, fase grup Piala AFC tahun ini digelar dengan format single round-robin alias setiap tim cuma sekali bertemu.

Zona Asia Selatan, Zona Asia Timur, dan Zona ASEAN malah belum kick off. Di antara ketiga zona yang belum mulai, cuma Zona ASEAN yang belum ada kepastian siapa yang akan menjadi tuan rumahnya.

Makanya, ada kemungkinan AFC bakal meniadakan Zona ASEAN. Jika itu terjadi, maka persiapan dua wakil Indonesia yakni Bali United dan Persipura akan sia-sia.

"Pembatalan kompetisi ini pernah terjadi sebelumnya, ketika kami membatalkan seluruh babak kualifikasi untuk semua tim Asia (play-off Piala Asia 2023)," tutur Windsor.

"Sejauh ini, kami telah menyelesaikan kompetisi untuk zona Timur, zona Tengah, dan zona Barat. Zona ASEAN dan juga zona Selatan belum bisa kami selesaikan, karena tidak ada venue," ucapnya mengakhiri.

(aff/krs)