Piala Wali Kota Solo 2021: Gibran Ditelepon Ganjar & Kapolda

Bayu Ardi Isnanto - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 17:05 WIB
Solo -

Piala Wali Kota Solo 2021 resmi batal digelar pekan ini. Soal penundaan itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah ditelepon oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kapolda Irjen Ahmad Luthfi.

"Barusan Pak Kapolda, Pak Ganjar telepon saya, nanti biar panitia yang mengumumkan," kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Senin (28/6/2021).

Namun Gibran enggan berbicara banyak mengenai penundaan tersebut. Dia juga enggan membeberkan alasan dilakukan penundaan turnamen pramusim yang seharusnya digelar besok, Selasa (29/6).

"Panitialah yang bicara. Tunggu nanti malam," ujar dia.

"Belum tahu (berapa hari ditunda). Ke panitia aja," kata dia.

Meski demikian, Gibran mengatakan bahwa situasi COVID-19 di Solo masih tidak separah kabupaten sekitarnya. Untuk diketahui, beberapa kabupaten sekitar Solo sudah masuk zona merah.

"Kalau di Solo masih tidak separah kabupaten lain. Untuk alasan biar panitia yang memaparkan. Tunggu aja," katanya.

Satgas Daerah COVID-19 Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfi, yang mengumumkan mengenai keputusan untuk menunda turnamen yang diikuti oleh 8 tim itu.

"Ini sudah keputusan final, jadi atas nama Satgas Daerah menunda kegiatan sepak bola Piala Wali Kota dengan berbagai pertimbangan," kata Ahmad Lutfi kepada detikcom, Senin (28/6/2021).

Mantan Kapolresta Solo itu menambahkan, salah satu pertimbangan penundaan Piala Wali Kota Solo 2021 adalah adanya peningkatan kasus COVID-19 di wilayah Solo dan sekitarnya. Apalagi, ada rumor kalau ada pemain salah satu tim peserta yang dinyatakan positif COVID-19.

"Mengingat situasi COVID -19 yang semakin meningkat di wilayah Solo dan sekitarnya, Kapolda sudah berkoordinasi dengan PSSI dan stake holder lain, pelaksanaan pertandingan sepakbola di Solo ditunda," kata Ahmad Lutfi.

"(Penundaan) sampai menunggu situasi COVID-19 mereda," ucapnya.

(bai/cas)