Pembobol Sriwijaya FC Jadi Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions Asia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 18:20 WIB
Damjanovic Dejan (R) of South Koreas FC Seoul and Mchammad Mauly Lessy (L) of Indonesias Sriwijaya fight for the ball during a preliminary football match of the AFC Champions League in Seoul on May 5, 2009. FC Seoul won the match 5-1. AFP PHOTO/JUNG YEON-JE (Photo by JUNG YEON-JE / AFP)
Dejan Damjanovic menjadi Top Skor sepanjang masa Liga Champions Asia. (Foto: AFP/Jung Yeon-je)
Jakarta -

Pencetak hat-trick ke gawang Sriwijaya FC, Dejan Damjanovic, menjadi top skor sepanjang masa Liga Champions Asia. Ia melewati rekor pemain Korea, Lee Dong-gook.

Dejan Damjanovic, striker Kitchee FC, baru saja menambah pundi-pundi golnya di Liga Champions Asia dalam pertandingan melawan Cerezo Osaka, Minggu (27/6/2021). Ia mencetak 1 gol dalam pertandingan yang digelar di venue netral, Stadion Chang Arena, Thailand.

Tambahan 1 gol itu membuat Dejan Damjanovic kini telah mengoleksi 38 gol sepanjang kariernya di Liga Champions Asia. Itu adalah jumlah gol terbanyak yang dicetak oleh seorang pemain dalam ajang yang pertama kali digelar mulai 2002 itu.

Dejan Damjanovic melewati rekor striker asal Korea, Lee Dong-gook yang mencetak 37 gol. Adapun Lee Dong-gook sudah tak mungkin mengejar rekor ini karena baru saja pensiun bersama Jeonbuk Hyundai Motors musim lalu.

Sementara itu, torehan gol-gol Dejan Damjanovic bermula kala ia jumpa Sriwijaya FC pada musim 2009. Saat itu ia masih memperkuat Seoul FC, klub peserta K League.

Pemain berkebangsaan Montenegro membuka keunggulan FC Seoul atas Sriwijaya pada menit ke-16, di Stadion Seoul World Cup, 5 Mei 2009. Itu adalah gol pertamanya di Liga Champions Asia.

Pemain yang saat itu masih berusia 27 tahun, menambah dua gol lagi alias hat-trick ke gawang yang dijaga Ferry Rotinsulu. Dalam laga itu, Seoul menang dengan skor telak 5-1. Satu-satunya pencetak gol Sriwijaya saat itu adalah Keith Kayamba Gumbs.

Meski berpindah-pindah klub, Dejan Damjanovic terus berkesempatan tampil di Liga Champions Asia. Ia terus menunjukkan ketajamannya bersama Beijing Guoan, Suwon Samsung Bluewings, dan kini bersama Kitchee.

Sebenarnya Dejan Damjanovic nyaris gagal mengejar dan melewati rekor Lee Dong-gook. Di usianya yang sudah 39 tahun, tak ada klub peserta Liga Champions Asia yang mau menampungnya.

Seusai musim 2020, ia baru saja dilepas klub Korea, Daegu. Ia pun mencari klub baru yang bermain di Liga Champions Asia, sampai akhirnya berlabuh di Kitchee.
Klub Hong Kong itu berminat dengan jasa pemain kelahiran Bosnia. Kebetulan Kitchee membutuhkan pemain berpengalaman untuk tampil di Liga Champions Asia.

"Saya mau berkompetisi di Liga Champions Asia, saya tak mau berakhir sebagai yang kedua (di bawah torehan gol Lee Dong-gook). Saya mau dapat kesempatan lagi untuk membuat rekor dan bermain di panggung terbesar di Asia," kata Dejan Damjanovic saat bergabung ke Kitchee, dikutip dari South China Morning Post.

Bersama Kitchee, Dejan Damjanovic berhasil menambah dua gol tambahan dalam dua pertandingan sehingga koleksi golnya kini menjadi 38. Ia berhasil mewujudkan ambisinya.

(cas/rin)