Panitia Piala Wali Kota Solo Bayar Kompensasi Ganti Rugi ke Klub

Mohammad Robbani - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 23:05 WIB
Solo -

Panitia Pelaksana (OC) Piala Wali Kota Solo 2021 merugi seusai penundaan gelaran turnamen pramusim. OC harus mengganti rugi kompensasi ke para klub peserta.

Penundaan Piala Wali Kota Solo diumumkan Satgas Daerah COVID-19 Jawa Tengah pada, Senin (28/6/2021), atau H-1 jelang kickoff. Seharusnya ajang ini digelar mulai besok, Selasa (29/6).

Para peserta pun sebagian besar sudah tiba di Solo, perhari ini. Misalnya Bali United dan Persib Bandung yang sama-sama sudah masuk ke hotel.

Tak ada tanda-tanda pembalasan meski angka penularan COVID-19 tengah melonjak. Karena itu pula yang membuat para klub yakin untuk tetap berangkat ke Solo.

Niat mau bersiap-siap menuju kompetisi, klub malah merugi. Sudah keluar ongkos perjalanan, turnamen pramusim ternyata mengalami penundaan.

Menanggapi hal itu, OC Piala Wali Kota Solo 2021 memastikan bertanggung jawab. OC tak mau membiarkan para klub kembali pulang dengan rasa kecewa.

"Kompensasi ada, kami mengganti seluruh transportasi dan penginapan tim untuk datang ke solo. Itu sudah kami bayar. Mereka semua sudah menerima itu. Kami bertanggung jawab terhadap semuanya," kata Ketua OC Piala Wali Kota Solo Cahyadi Wanda saat memberikan keterangan.

Secara diplomatis, Cahyadi Wanda mendukung sikap Polda Jawa Tengah yang tak mengizinkan gelaran Piala Wali Kota Solo. Katanya, demi menekan angka penyebaran COVID-19 yang makin tak terkendali.

Di sisi lain, klub juga bisa lebih berkonsentrasi untuk persiapan menuju liga. Liga 1 akan dimulai 9 Juli, sementara Liga 2 digelar dua pekan setelahnya.

"Klub pasti memiliki agenda yang lebih besar yaitu Liga 1 dan Liga 2. Dua event itu prioritas mereka. Turnamen ini sebagai pemanasan bagi mereka," tutur Cahyadi Wanda.

"Nasib mereka tidak perlu dikhawatirkan karena mereka punya agenda yang lebih besar," ucapnya.

(cas/nds)