Piala Wali Kota Solo Ditunda, Pelatih Persib: Ini Kabar Baik dan Buruk

Yudha Maulana - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 00:05 WIB
Jakarta -

Pelaksanaan Piala Wali Kota Solo 2021 ditunda karena penyebaran COVID-19 yang masih tinggi. Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menilai ini keputusan yang bijak.

Skuat Maung Bandung pun telah tiba di Solo beberapa hari sebelumnya. Bila mengacu pada jadwal, sedianya Persib akan berhadapan dengan Arema FC, Selasa (29/6/2021). Namun, agenda tersebut ditunda sampai waktu yang tak bisa dipastikan.

"Ini kabar baik dan buruk di saat yang bersamaan karena kami semua sudah berada di Solo untuk mengikuti turnamen ini. Sebelumnya kami sudah mempersiapkan diri untuk Liga," kata Robert dalam pesan suara yang diterima, Senin (28/6/2021) malam.

"Lalu karena turnamen ini ditunda di agenda awal, lalu sebelumnya kembali diagendakan pada 29 Juni-4 Juli maka waktu yang ada akan terlalu singkat (untuk menghadapi liga)," kata pria asal Belanda itu melanjutkan.

Robert mengatakan, Persib akan kembali ke Bandung dan fokus melakukan persiapan menuju Liga 2021 yang rencananya bakal dihelat pada pertengahan Juli nanti.

"Kita juga punya persoalan besar soal COVID-19 yang mana ini juga menjadi perhatian semua orang pecinta sepakbola, kita semua ingin liga segera dimulai sehingga semua harus bisa dipastikan dalam keadaan sehat dan aman," katanya.

"Keputusan hari ini ketika panitia akhirnya menunda untuk menggelar turnamen adalah keputusan yang sangat bijak. Inilah yang menjadi hal menarik di sepakbola Indonesia. Mereka yang melakukan pertemuan hari ini dan duduk bersama memutuskan untuk menunda turnamen, mereka telah memikirkan apa yang terbaik untuk indonesia dan liga. Dalam kacamata itu, ini menjadi hal positif," ujar Robert.

Robert mengaku timnya kehilangan beberapa hari yang seharusnya digunakan untuk mematangkan persiapan menuju Liga 1. Timnya pun akan merancang ulang jadwal latih tanding, sekaligus memastikan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami akan merancang lagi persiapan karena saat ini kami hanya punya waktu dua pekan menuju Liga. kami butuh sejumlah tim untuk latihan bersama di bawah situasi yang aman. kami akan pastikan tim lain pada latihan bersama terbebas dari Covid dan juga menerapkan prokes, itu semua akan ada di bawah kendali kami saat pulang kembali ke Bandung," katanya.

Organizing Committee (OC) Piala Wali Kota Solo 2021 memberikan keterangan resmi terkait penundaan gelaran yang dijadwalkan kickoff Selasa (29/6/2021).

Ketua OC, Cahyadi Wanda, menjelaskan bahwa salah satu alasan ditundanya turnamen pramusim ini adalah karena kondisi penyebaran virus Corona yang cukup tinggi.

"Kalau ditanya alasannya apa, jelas kami mendukung penuh keputusan dan arahan, rekomendasi yang kami terima dari pihak Polda maupun Gubernur," terang Cahyadi saat jumpa pers, Senin (28/6/2021).

Dari arahan itu, Cahyadi menyampaikan, panitia mendapatkan rekomendasi agar gelaran yang awalnya akan diadakan di Stadion Manahan ditunda sampai batas waktu tak ditentukan

"Yang jelas kami sebagai OC harus mengambil keputusan yang cepat, atas dasar itu pula OC mengambil keputusan bahwa even ini ditunda, dan kami mendukung penuh upaya pemerintah dalam menekan angka positif COVID-19 yang menyebar," urainya.

(yum/nds)