Shin Tae-yong Akui Pulang ke Korea Selatan untuk Berobat

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 02 Jul 2021 16:30 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Shin Tae-yong Akui Pulang ke Korea Selatan untuk Berobat (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui bahwa kepulangannya ke Korea Selatan untuk menjalani pengobatan dan check up.

Pernyataannya itu sekaligus mengklarifikasi pemberitaan di sejumlah media Korea Selatan dan Indonesia yang menyebut dirinya pulang ke Korea Selatan dalam kondisi tidak ada masalah terhadap kesehatannya.

"Saat ini, tak ada yang salah dengan kondisi kesehatan saya. Kami hanya menilai bahwa terlalu bahaya untuk mengumpulkan 144 pemain (Timnas U-18) dalam kondisi COVID-19 yang meningkat," kata Shin dikutip dari Kantor Berita Yonhap, waktu lalu.

Tapi kemudian, pernyataan itu ia bantah dalam rilis baru di laman federasi. Shin Tae-yong menyebut kepulangannya ke negeri yang terkenal dengan K-pop itu untuk berobat.

"Saya meminta izin kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) agar saya dapat pulang ke Korea Selatan dengan pertimbangan efek COVID-19 yang pernah saya alami. Saya akan berobat dan check up di Korea Selatan," aku Shin Tae-yong, dalam laman federasi, Jumat (2/7/2021).

Shin sekaligus menegaskan bahwa rencana pemusatan nasional Timnas Indonesia dalam waktu dekat belum bisa terselenggara karena lonjakan kasus virus Corona yang meningkat. Tapi ia akan segera kembali ke Indonesia.

"Setelah berkoordinasi dengan PSSI dan melihat pandemi COVID-19 yang sedang tinggi di Jakarta tentu tidak memungkinkan digelarnya pemusatan latihan Timnas. Begitu selesai melakukan pengobatan tentu saya akan segera kembali ke Indonesia," ujarnya.

Selain Shin Tae-yong, empat asisten pelatih Timnas Indonesia, yakni Choi In-cheul, Kim Woo-jae, Kim Hae-won dan Lee Jae-hong turut serta kembali ke Korea Selatan.

Saat ini PSSI menunggu update road map terbaru lagi dari Shin Tae-yong sembari menjalani pengobatan di Korea Selatan. PSSI pun berharap Shin Tae-yong cepat sembuh dan segera kembali melatih Timnas Indonesia.

(mcy/aff)