Dewa United, Klub Liga 2 yang Tetap Latihan Saat PPKM Darurat

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 18 Jul 2021 18:27 WIB
Dewa United
Ilustrasi jumpa pers Dewa United. (Foto: Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Ketika banyak klub meliburkan diri, klub Liga 2 Dewa United tetap menggelar latihan rutin. Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat tak menjadi penghalang.

Dewa United mau para pemainnya tetap dalam kondisi prima dalam persiapan menuju kompetisi. Seluruh skuad tim berjuluk "Tangsel Warrior" tetap menggelar latihan rutin dari Senin-Jumat di lapangan dekat mess pemain di Puspitek, Serpong.

Padahal, nasib Liga 1 saja tengah menggantung karena perpanjangan PPKM sampai 31 Juli. Di sisi lain, kick off Liga 2 sangat bergantung dengan kepastian gelaran Liga 1.

"Kondisi para pemain harus tetap prima dan terjaga baik meski saat ini sedang PPKM darurat dan Liga 2 ditunda hingga September. Karena jika kondisi pemain menurun akan butuh waktu agak lama buat mengembalikan kebugarannya," kata Pelatih Dewa United Kas Hartadi dalam rilis klub.

Menurut Kas Hartadi, setidaknya butuh waktu 40 hari buat mengembalikan kondisi dan performa pemain yang sebulan vakum berlatih. Jika sebulan lebih vakum berlatih, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi dan performa pemain juga dipastikan bakal lebih lama lagi.

Tetapi porsi menu latihan yang diberikan buat para pemain klub Liga 2 itu sudah menyesuaikan dengan keadaan. Jika di masa normal latihan dilakukan Senin-Sabtu tiap pagi dan sore, selama PPKM darurat latihan hanya digelar pagi hari dan cuma sampai Jumat.

Pada weekend yakni Sabtu dan Minggu menjadi hari libur guna dimanfaatkan para pemain untuk refreshing mengusir kejenuhan. Kemudian pemain berkumpul lagi pada weekday.

"Paling cepat butuh 6 minggu proses recovery-nya," ujar Kas Hartadi, soal alasannya memilih Dewa United tetap berlatih di saat PPKM Darurat .

Sebenarnya Dewa United bukan satu-satunya klub yang tetap berlatih di masa PPKM darurat. Klub Liga 1 Persebaya Surabaya juga tetap menggelar latihan yang disesuaikan dengan keadaan.

(krs/bay)