Nasib TC Timnas Indonesia Tergantung PPKM

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 31 Jul 2021 17:15 WIB
Timnas Indonesia vs Afghanistan
Nasib TC Timnas Indonesia Tergantung PPKM. Foto: dok. PSSI
Jakarta -

Rencana Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia sangat bergantung ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. PSSI pun harap-harap cemas.

Timnas Indonesia rencananya akan menggelar TC mulai 1 Agustus mendatang, sebagai persiapan playoff Piala Asia 2023. Pasukan Garuda bakal memainkan partai dua leg melawan Taiwan pada 7 September dan 12 Oktober.

Namun, soal lokasi TC-nya saja PSSI belum bisa mengambil keputusan. Setelah berencana ke Palembang atau Samarinda, PSSI juga sempat mau kembali ke Jakarta menyusul berakhirnya PPKM Darurat pada Juli.

Pada prosesnya, PPKM Darurat berganti menjadi PPKM Level 4 dan diperpanjang hingga 25 Juli dan dilanjutkan lagi ke 2 Agustus. Kondisi ini membuat PSSI menantikan situasi PPKM sebelum memutuskan nasib TC Timnas Indonesia.

"Lokasi TC ditentukan setelah adanya pengumuman terkait PPKM Level 4 yang diperpanjang atau tidak. Yang jelas PSSI menyiapkan sejumlah kota untuk menggelar TC Timnas Indonesia seperti Jakarta, Palembang, atau Samarinda," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

"PSSI terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar Timnas Indonesia dapat menggelar TC di awal Agustus. Yang jelas kami mendukung penuh program pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi Timnas Indonesia," ujarnya.

Adapun TC kali ini adalah roadmap yang diajukan shin Tae-yong buat Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea mau Timnas Indonesia bersiap sedini mungkin demi hasil baik di playoff Piala Asia.

Di atas kertas, Taiwan bukan kekuatan sepakbola yang kuat-kuat amat buat level Timnas Indonesia. Tetapi faktor ketiadaan kompetisi nasional bisa menjadi pembeda nantinya.

"Pertandingan melawan Taiwan kami akan mempersiapkan Timnas Indonesia secara maksimal karena PSSI ingin meraih kemenangan dan tentunya dapat lolos ke Piala Asia 2023 mendatang," ujar Yunus Nusi.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia masih harus memainkan 6 laga lagi (babak ketiga kualifikasi) sekalipun mengalahkan Taiwan dalam dua leg nantinya. Angan-angan lolos ke Piala Asia masih sangat panjang untuk diraih.

(krs/cas)