Liga 1 Segera Kick Off, PT LIB Minta Klub Komitmen Prokes

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 04 Agu 2021 23:15 WIB
Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 usai menaklukkan Persib Bandung di dua leg pertandingan final.
PT LIB mengingatkan agar klub Liga 1 bisa komitmen dengan prokes. (Foto: Pius Erlangga/Detikcom)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) meminta klub Liga 1 berkomitmen menjalan protokol kesehatan ketat selama kompetisi. Liga 1 diharapkan berjalan dengan aman.

Dari pengalaman Piala Menpora 2021, sebenarnya masih banyak masalah prokes yang tak berjalan sesuai harapan. Mulai dari masalah vaksin yang ternyata belum dijalani semua pemain.

Hasil evaluasi PT LIB, masih banyak celah yang bisa mencoreng prokes dalam gelaran sepakbola. Misalnya pemain tak menaati prokes di luar pertandingan.

Terkini, PT LIB bersama 18 klub Liga 1 baru saja menggelar pertemuan virtual, Rabu (4/8/2021). Semua klub diklaim PT LIB sudah menyepakati kick off kompetisi akan dimulai pada 20 Agustus mendatang.

"Dari pengalaman Piala Menpora, kami masih perlu evaluasi karena ada celah-celah. Kami meminta klub minta untuk lebih punya sense of responsibility, ini juga evaluasi Piala Menpora," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat memberikan keterangan pers.

"Konsen kami adalah bagaimana prokes dijalankan dalam sistem pertandingan dengan ketat. Ada 299 (dalam stadion) yang sudah divaksin, it wajib. Kalau belum, kami mendata dan berharap dalam perjalanan kompetisi bisa vaksin.

Liga 1 nantinya akan digelar dengan sistem series di 3 klaster yakni Banten-DKI Jakarta-Jawa Barat, Jawa Tengah-DIY Yogyakarta, dan Jawa Timur. Total ada 6 seri dengan pemberlakuan jeda kompetisi sebelum beralih ke seri/klaster selanjutnya.

Nah, pelonggaran atau pelanggaran prokes sangat mungkin terjadi saat jeda kompetisi. Misal pemain pulang ke rumahnya masing-masing sehingga berbaur dengan pihak luar yang tak terlibat di sepakbola.

Ketika kembali berkompetisi, ada peluang para pemain atau pelaku sepakbola lainnya tertular COVID-19 dari pihak luar. Celah ini yang nantinya harus diwaspadai dan wajib ada pengetatan.

"Jeda antar-seri itu mereka pemain mungkin akan pulang, ini yang kami minta komitmennya. Itu sudah disampaikan, komitmen (prokes dari) klub harus diterapkan. Makanya tanggal 9 (Agustus) kami akan menggelar medical workshop secara virtual. Akan ada Kemenkes untuk memberikan evaluasi soal apa-apa saja yang kurang," tutur Sudjarno.



Simak Video "Menpora Pastikan Polri Izinkan Liga 1 Digelar 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)