Jadwal Baru Liga 1 2021 Diputuskan Satu Pekan Sebelum Kick off

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 05 Agu 2021 13:40 WIB
Logo Liga 1
Jadwal Baru Liga 1 2021 Diputuskan Satu Pekan Sebelum Kick off. Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Belum ada jadwal terbaru Liga 1 2021 yang bakal dimulai pada 20 Agustus mendatang. Partai laga pembuka baru ditentukan dan diumumkan sepekan sebelum kick off.

Mundurnya kick off Liga 1 dari 9 Juli ke 20 Agustus dipastikan bakal mengubah jadwal. Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah merilis jadwal Liga 1 semusim penuh pada pertengahan Juni.

Pada jadwal sebelumnya, PSS Sleman Vs Persija Jakarta dijadwalkan memainkan laga pembuka. PT LIB kini mulai menyusun jadwal lagi setelah PSSI memutuskan kick off Liga 1 digelar 20 Agustus.

Ada kabar yang menyebutkan bahwa jadwal terbaru nanti akan tetap sama dengan jadwal yang sudah dirilis. Hanya tanggal pertandingannya saja yang diubah imbas dari penundaan kick off. Misalnya laga pembuka tetap PSS kontra Persija. Tetapi PT LIB menyebut kepastian baru akan dirilis sepekan sebelum kick off.

"Jadwal pekan pertama akan kami rilis satu pekan sebelum kick off, kami sepakat dengan klub soal ini. Kami akan menggelar Manager Meeting lagi untuk menentukan siapa lawan siapa. Sekarang penyesuaian dulu," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno, saat memberikan keterangan pers, Rabu (4/8/2021), malam.

Meski kick off mundur, PT LIB memastikan timeline Liga 1 musim ini tetap berpatokan pada jadwal sebelumnya. Kompetisi tetap berakhir pada Maret 2022.

Itu artinya, kompetisi bakal berlangsung dengan jadwal yang sangat padat. Kurang lebih hanya ada 29 pekan tersisa sampai 13 Maret 2022 untuk menjalankan 34 pekan Liga 1.

Belum lagi masih akan dipotong dengan agenda Timnas Indonesia. PT LIB menjamin kompetisi akan rehat pada FIFA Matchday yang melibatkan Timnas Indonesia.

Adapun Timnas setidaknya akan bermain 2 kali pada playoff Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada 7 September dan 12 Oktober. Jika Timnas Indonesia lolos dari playoff, maka akan memainkan 6 pertandingan lagi di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Selain FIFA Matchday, Timnas Indonesia juga bakal tampil di Piala AFF 2020 yang ditunda ke akhir 2021. Sejauh ini, AFF bertekad untuk tetap menggelar Piala AFF 2020 yang sudah ditunda berkali-kali itu.

"Durasi kompetisi itu dari Agustus-Maret. Kami tak berharap lewat, itu keinginan dari klub Liga 1 dari pertemuan virtual (Rabu, 4 Agustus)," ujar Sudjarno.

"Jadwalnya juga disesuaikan dengan FIFA Matchday, meski itu (FIFA Matchday) juga berubah-ubah. Ini jadwal (Liga 1) juga akan sangat dinamis, tapi saat FIFA Matchday maka kami tak akan menggelar pertandingan," tuturnya.

(aff/cas)