Menpora Isyaratkan BNPB dan Polri Setuju Liga 1-Liga 2 Bergulir

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 06 Agu 2021 17:30 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali mengungkap BNPB dan Polri mengisyaratkan akan merestui Liga 1 dan Liga 2 kickoff. (Foto: Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mengisyaratkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Polri merestui PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mau menggelar Liga 1 dan Liga 2 2021.

Kemenpora baru saja memfasilitasi PSSI dan PT LIB bertemu dengan Polri hingga BNPB, di Kantor Kemenpora, Jumat (6/8/2021). Amali mengumpulkan mereka dalam agenda Rapat Koordinasi (Rakor) terkait kick off Liga 1 dan Liga 2.

Sebelumnya beredar kabar Polri hingga BNPB belum mengizinkan gelaran Liga 1 dan Liga 2. Menpora memberikan kesempatan kepada PSSI dan PT LIB untuk memaparkan kesiapan mereka menjalankan kompetisi.

Disebut Amali, semua pihak yang hadir terkesan dengan persiapan PSSI dan PT LIB. Rencana menggulirkan Liga 1 dan Liga 2 pun mulai menemui titik terang.

"Kami mendengarkan pemaparan dari Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) dan Dirut LIB (Akhmad Hadian Lukita), tentang persiapan-persiapan untuk gelaran Liga 1 dan Liga 2, kemudian direspons oleh yang mewakili BNPB, dan juga oleh pihak Mabes Polri," kata Amali saat memberikan keterangan pers virtual, Jumat (6/8/2021).

"Berkaitan dengan pelaksanaan liga, semuanya paham sekarang sedang dalam pandemi, dan pemerintah berupaya keras. Tetapi kita tidak boleh berhenti berkegiatan, termasuk kegiatan liga. Nah kami sudah pernah punya pengalaman (Piala Menpora), dan itu sukses," ujarnya.

Tetapi Amali sadar bahwa Piala Menpora yang notabene turnamen berbeda dengan Liga 1 dan Liga 2 yang merupakan kompetisi semusim. Untuk itu, ia meminta PSSI dan PT LIB untuk menyiapkan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Dari pemaparan PSSI dan PT LIB, Amali sudah cukup puas. Ia pun yakin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa dijalankan dengan aman.

"Pertanyaanya adalah, penyelenggara yakni PSSI dan LIB, mampu tidak, punya pengalaman tidak? Ternyata tadi dalam pemaparan, kami menyimpulkan bahwa PSSI dan LIB siap. Bahkan lebih siap dari apa yang dilaksanakan ketika turnamen Piala Menpora lalu," ucap politikus asal Partai Golkar itu.

"Jadi, kalau dari sisi teknis penyelenggaraan, sebagaimana yang sudah dipaparkan panjang lebar oleh PSSI dan LIB, kami yakin bahwa penyelenggara mampu melaksanakan itu dan menjaga prokes dengan disiplin," ucapnya.

(cas/bay)