Jelang Kick Off Liga 1 2021, Persib Pinjamkan Gian Zola ke Persela

Yudha Maulana - Sepakbola
Jumat, 13 Agu 2021 01:01 WIB
Gian Zola
Gian Zola dipinjamkan lagi ke Persela Lamongan (ke Randy Prasatya/detikcom)
Bandung -

Gelandang Persib Bandung Gian Zola dipinjamkan ke Persela Lamongan di Liga 1 2021. Ini demi menambah jam terbang pemain jebolan Diklat Persib itu.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan jam terbang sangat dibutuhkan bagi Zola untuk mendapatkan tempat di tim senior. Seperti diketahui, peluang main dari kakak kandung Beckham untuk bermain di lini tengah makin minim.

Pasalnya, Maung Bandung mendatangkan pemain naturalisasi Marc Klok dan pemain asing asal Palestina, M Rashid.

"Ini adalah kebutuhan bagi perkembangan Zola. Setelah diberi label sebagai talenta muda selama beberapa tahun dalam karir internasional, tapi perlu dilihat perbedaan antara talenta muda dan bagaimana dia masuk ke level senior," ujar Robert dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Menurut Robert banyak pemain muda jebolan timnas U-20 atau U-23 yang sulit mendapatkan tempat di klub senior. Ia menekankan talenta saja tidak cukup, perlu adanya karakter dan kekuatan fisik untuk menunjangnya.

"Sedangkan Zola untuk menembus tim kami musim ini saya pikir itu tidak mudah. Apalagi Zola sempat absen sekitar enam bulan karena cedera. Jadi untuk Zola, dengan keluar dari wilayah Bandung yang mana itu adalah zona nyamannya. Itu membuatnya bisa mulai memperbaiki kemampuan sepakbola di lingkungan yang berbeda dan di sana dia akan berjuang untuk segalanya, itu bagus untuk perkembangannya," sambungnya.

"Dan selama periode peminjaman ini positif untuk Zola dan untuk Persib, karena ketika dia kembali, dia menjadi pemain yang berbeda, dia sudah lebih siap untuk mendapatkan posisi di Persib Bandung," tutur pelatih asal Belanda itu.

Zola sendiri mengakui ketatnya persaingan mendapatkan tempat di lini tengah. Oleh karena itu, ia perlu menggembleng kemampuannya yang sempat melempem karena cedera serius.

"Ya saya niat dipinjamkan sih karena tahun ini gelandang banyak, saya cedera juga, sempat operasi jadi pengin kembali ke performa terbaik, sehingga harus banyak bermain jangan latihan saja jadi harus berani keluar," ujar Zola.

Peminjaman ke Persela ini merupakan yang kedua kali dilakukan Zola setelah sebelumnya pada putaran kedua Liga 1 2018.

"Ya mudah-mudahan lancar seperti sebelumnya kan pernah di Persela juga, mudah-mudahan tahun ini lancar dan bisa membantu perfoma tim Persela," tutur Gian Zola.

(yum/mrp)