Jelang Liga 1 & Liga 2 2021: 65 Pemain Masih Tertunggak Gajinya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 14 Agu 2021 10:00 WIB
Logo Liga 1
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Masih ada kasus tunggakan menjelang rencana kick off Liga 1 dan Liga 2 2021. Totalnya, sebanyak 65 pemain belum menerima haknya dari 7 klub karena gajinya tertunggak.

Menurut Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), para klub yang masih menunggak sampai dengan Jumat (13/8/2021) kemarin terdiri dari satu klub Liga 1 dan enam klub Liga 2. Mereka adalah; PSM Makassar, PSPS Riau, Kalteng Putra, Persijap Jepara, PSKC Cimahi, PSMS Medan, dan Sriwijaya FC.

"Mengingat kompetisi kurang dari 3 pekan lagi, APPI ingin klub-klub tersebut untuk melaksanakan pembayaran hak kepada pesepakbola agar terhindar sanksi larangan pendaftaran pemain dalam 3 periode transfer yang bisa bikin klub tak bisa ikut kompetisi," kata Wakil Presiden APPI Andritany Ardhiyasa.

Teranyar, APPI juga merilis kasus tunggakan terbaru yang melibatkan Persis Solo. Klub Liga 2 itu menunggak gaji ke 18 pemainnya. Tapi hanya 7 pemain yang kasusnya bisa diproses ke National Dispute Resolution Chamber (NDRC). Hal itu terjadi karena 11 pemain Persis lainnya yang tertunggak, tak punya salinan kontrak.

APPI mengingatkan, masalah penunggakan harus sudah tuntas saat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 dimulai nanti. Tugas APPI makin berat karena dibubarkannya Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang biasanya bertugas memverifikasi masalah penunggakan gaji sebelum kompetisi digelar.

BOPI biasanya akan menjadi penentu terhadap terbitnya rekomendasi kompetisi ketika ada masalah penunggakan gaji. Rekomendasi baru diterbitkan BOPI saat masalah tunggakan sudah beres. APPI berharap, bubarnya BOPI tak membuat klub leluasa lari dari tanggung jawabnya.

"Salah satu cara yang kami lakukan dari APPI adalah menggekar forum seperti ini (jumpa pers) untuk mengingatkan PT LIB dan PSSI supaya tidak ada lagi klub-klub yang bertanding dalam kompetisi tapi ada tunggakan gaji," ujar legal APPI, Jannes H Silitonga.

"Jangan sampai kompetisi jalan, tetapi masih ada klub yang masih menunggak gaji. Buat kami zero tolerance ada klub yang menunggak gaji saat kompetisi berjalan. Kami akan terus berkomunikasi dengan PSSI dan PT LIB agar hal ini diselesaikan," ucapnya berseru.

7 klub Liga 1 dan Liga 2 2021 yang masih menunggak gaji pemain, sampai dengan Jumat (13/8).

1. PSPS Riau
-Menunggak gaji 2 pemain
2. PSMS Medan
-Menunggak gaji 1 pemain (klub mengajukan banding)
3. Kalteng Putra
-Menunggak gaji 26 pemain
4. PSKC Cimahi
-Menunggak gaji 6 pemain
-Menunggak gaji 2 pemain (klub mengajukan banding)
5. Sriwijaya FC
-Menunggak gaji 2 pemain
6. Persijap Jepara
-Menunggak gaji 9 pemain
7. PSM Makassar
-Menunggak gaji 17 pemain

(krs/nds)