BNPB Sudah Terbitkan Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 18 Agu 2021 21:15 WIB
Logo Liga 1 2019
BNPB Sudah Terbitkan Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2 2021 (Foto: Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mengeluarkan surat rekomendasi Liga 1 dan Liga 2 2021. Hal ini menjadi kabar baik menjelang kick off Liga 1.

Lewat surat yang ditujukan ke PSSI, Rabu (18/8/2021), BNPB setuju sepakbola bisa digelar lagi. Rekomendasi BNPB ini sudah dinanti-nantikan karena menjadi syarat utama bagi PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar kompetisi sepakbola.

Sebelumnya, BNPB pernah meminta Liga 1 yang sedianya digelar pada 9 Juli untuk digeser ke akhir Juli. Pada perjalanannya, BNPB tak kunjung mengeluarkan rekomendasi terbaru hingga membuat Liga 1 terus tertunda sampai saat ini.

"Satgas penanganan COVID-19 menyambut baik langkah saudara dengan melakukan pemberitahuan dan penerapan protokol kesehatan pada kegiatan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2, yang akan diselenggarakan mulai 27 Agustus 2021 sampai dengan 30 April 2022," tulis pernyataan resmi BNPB.

Satgas COVID-19 juga menetapkan tiga persyaratan yang harus dijalankan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Berbagai bentuk pelanggaran bisa saja akan membuat Satgas COVID-29 mencabut rekomendasinya.

Pertama, semua elemen yang terlibat harus sudah mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua. Selain itu juga harus dinyatakan negatif sebelum berlangsungnya kegiatan.

Kedua penerapan protokol kesehatan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter, dan mencuci tangan dengan sabun, sebelum pertandingan. Ketiga, selama kompetisi berlangsung tak boleh ada penonton, hanya boleh disiarkan secara online atau hanya boleh disaksikan dari layar televisi.

Pada bagian penutup surat, Satgas COVID-19 meminta PSSI dan PT LIB berkoordinasi dengan Kepala Daerah dan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di tempat dilaksanakannya pertandingan musim 2021/2022 tersebut.

Sebelum BNPB, Polri sudah lebih dulu mengeluarkan rekomendasi Liga 1 dan Liga 2. Pengumuman resmi Polri sudah dilakukan pada 29 Mei lalu.

(aff/nds)