Prokes Ketat di Liga 1, Pemain Dilarang Keluar Hotel Selama Kompetisi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 21 Agu 2021 17:00 WIB
Logo Liga 1
Liga 1 2021 diungkapkan akan melakukan protokol kesehatan ketat, pemain dilarang keluar hotel. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengungkapkan salah satu protokol kesehatan ketat di Liga 1 2021. Pemain dilarang keras keluar-keluar dari hotel selama kompetisi.

Sistem bubble to bubble yang diterapkan nantinya juga bisa diartikan sebagai semi-bubble. Karena Liga 1 memang digelar di lokasi tertentu, tapi dinamis juga karena pelaksanaannya akan berpindah-pindah.

Seri 1 misalnya yang rencananya akan digelar di klaster Banten-DKI Jakarta-Jawa Barat. Seri kedua di klaster Jawa Tengah-DIY Yogyakarta. Seri ketiga di klaster Jawa Timur.

Masih ada resiko bagi para pemain untuk berhubungan dengan pihak luar saat perpindahan lokasi klaster Liga 1 2021 yang memungkinkan terjadinya penularan COVID-19. Untuk itu, demi memastikan keamanan dan kesehatan para pemain, semua peserta tak boleh keluyuran selama kompetisi digelar.

"Beberapa pembahasan di antaranya adalah menyepakati proses pendaftaran dan pengesahan pemain, sosialisasi penerapan aturan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang diterapkan pemerintah, serta protokol kesehatan yang diterapkan pada kompetisi," tulis pernyataan PT LIB.

"Pemain dilarang keluar hotel di luar jadwal latihan dan pertandingan," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita dalam keterangan tertulisnya.

Hal itu dipastikan PT LIB setelah menggelar manager's meeting, di Jakarta, Jumat (20/8/2021). Sosialisasi prokes menjadi salah satu bahasan utama dari PT LIB kepada klub-klub.

Verifikasi juga menjadi perhatian utama dalam gelaran nanti. Semua peserta wajib terbukti sudah menjalani dua kali vaksin.

"Pendaftaran dan pengesahan pemain untuk kompetisi pada era new normal ini tidak cukup hanya dilengkapi kontrak, tetapi juga harus sudah mendapatkan vaksin dua kali. Kemudian kami juga melakukan sosialisasi aplikasi yang disiapkan pemerintah yaitu PeduliLindungi, bahwasannya semua pemain, ofisial dan pelatih yang bertanding wajib memiliki aplikasi ini," ujar Lukita.

Sementara itu, jadwal Liga 1 sampai saat ini belum dirilis. Sebelumnya, PT LIB berjanji akan merilis jadwal paling lambat sepekan sebelum kickoff Liga 1 atau pada, Jumat (20/8).



Simak Video "Menpora Pastikan Polri Izinkan Liga 1 Digelar 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)