Lapangan Stadion JIS Mulai Digarap

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 25 Agu 2021 22:20 WIB
JIS Stadion
Proyek Jakarta International Stadium yang ditargetkan selesai pada akhir 2021. (Foto: pradita uatama)
Jakarta -

Lapangan Stadion Jakarta International Stadium sudah mulai digarap. Lapangan mulai dikerjakan menyusul konstruksi bangunan yang mulai mendekati rampung.

Pandemi COVID-19 membikin pembangunan stadion JIS terhambat. Meski begitu, proyek tetap dilanjutkan untuk mengejar target selesai pada akhir 2021.

Saat ini progres pembangunan Stadion JIS sudah mencapai 68 persen sejak dimulai pada 2019. Satu per satu sektor lainnya juga sudah mulai dikerjakan, salah satunya lapangan utama.

"Lapangan utama kini sudah memasuki tahap pengerjaan. Dari mulai pengerukan, instalasi drainase, menaburkan lapisan koral dan lainnya," tulis pernyataan Jakpro dalam rilisnya.

"Meskipun pandemi berlangsung, Alhamdulillah pembangunan JIS terus berlangsung dan berprogres. Bahkan, beberapa milestone bisa kita lalui," kata Direktur Proyek JIS Iwan Takwin.

Berbagai hambatan yang terjadi selama pembangunan adalah berkurangnya jumlah pekerja dari waktu ke waktu. Dari awalnya 2000 orang, kini cuma berkisar 1500 saja.

"Pada akhir bulan kemarin, Jakpro memberikan vaksin pekerja di lapangan. Dalam program vaksin yang berkolaborasi dengan Pemkot Jakut. Kami kirim pekerja secara bertahap," ujar Iwan.

Selain itu, pembatasan kegiatan masyarakat seperti PSBB hingga PPKM juga turut memengaruhi pembangunan JIS. Sementara pembangunan tetap harus selesai tepat waktu.

"Tapi kita tidak menyerah, selama pandemi kuncinya kolaborasi. Sehingga, apa yang jadi tantangan dan potensi delay kita bisa mitigasi sejak awal," ujar Iwan.

Dalam waktu dekat, lapangan latihan berjumlah dua buah akan segera selesai pada September. PSSI menjadi pihak pertama yang menjalin kerja sama untuk bisa menggunakan fasilitas ini.

Pada perjalanannya, Jakpro menjamin Persija Jakarta tetap akan diprioritaskan untuk menggunakan Stadion JIS. Sebagaimana rencana awal, JIS memang dibangun untuk mengakomodir Persija yang kerap kesulitan bermain di Jakarta.



Simak Video "Jakarta International Stadium Berkonsep Adat Betawi Sabet 3 Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)