Tira Persikabo Vs Madura United: Mewaspadai Bugarnya Laskar Padjadjaran

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 02 Sep 2021 17:45 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Kebugaran menjadi nilai plus Tira Persikabo di BRI Liga 1 2021. Pelatih Madura United Rahmad Darmawan yakin hal itu menjadi modal bagus lawannya di pekan pertama.

Tira Persikabo akan jumpa Madura United di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Jumat (3/9/2021). Bagi kedua tim, laga yang akan digelar pukul 15.15 WIB itu merupakan laga perdana mereka.

Berbeda dari kebanyakan klub, Tira Persikabo cukup rutin menggelar latihan di masa pandemi COVID-19. Bahkan mereka menjadi satu-satunya klub yang tetap rutin berlatih sejak 2020 ketika mayoritas klub meniadakan aktivitas.

"Tira cukup sering latihan, bahkan tim ini sudah lima bulan latihan tanpa jeda," kata Rahmad Darmawan saat memberikan keterangan virtual, Kamis (2/9).

Berbeda dengan Tira Persikabo, Madura United bernasib seperti mayoritas klub Indonesia lainnya yang kesulitan berlatih. Penerapan PPKM Darurat belum lama ini juga sempat membuat Laskar Sape Kerab menghentikan latihan rutin.

"Persiapan kami cukup ideal meski akhirnya terkendala PPK. Target klub pun realistis, kami akan maksimal saja. Tetapi ada target minimal yakni memperbaiki peringkat dibanding musim sebelumnya," ujar Rahmad Darmawan.

Soal kebugaran, Tira Persikabo dinilai lebih siap berkompetisi di BRI Liga 1 2021 dibandingkan semua klub di Indonesia, termasuk Madura United. Tetapi, Rahmad Darmawan juga paham kualitas Tira Persikabo, yang notabene mantan klubnya.

"Secara kualitas (Tira Persikabo) akan diperhitungkan, selain itu beberapa individu yang saya kenal dengan baik. Secara keseluruhan saya harus mewaspadai semua kelebihan para pemain Persikabo," ujar RD, sapaan akrabnya.

"Saya pernah berada di sana hampir 1 musim. Dan saya juga sering bekerja dengan beberapa klub dan bertemu mantan klub selama melatih, jadi sudah biasa, tidak ada bedanya," ucapnya.

Sementara itu, pemain senior Madura United Fachruddin Aryanto menyambut gembira bergulirnya BRI Liga 1 2021. Setelah menunggu lama, akhirnya kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini berjalan lagi.

"Sangat bersyukur Liga 1 bisa berjalan, saya berharap bisa berjalan sampai selesai. Persiapan kami 3 pekan, kami sudah siap. Program fisik maupun taktikal sudah siap kami jalankan dalam pertandingan," ucap Fachruddin.

"Ini yang kita tunggu selama setahun lebih. Kami ingin liga mau jalan, akhirnya besok kami akan main. Motivasi ini yang saya sampaikan ke teman-teman, akhirnya bisa kerja lagi sehingga harus memberikan yang terbaik," ujarnya bertekad.

(krs/aff)