Pelatih Persebaya Imbau Oknum Bonek tak Datang ke Stadion Lagi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 03 Sep 2021 15:20 WIB
Bonek berdatangan ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo untuk menonton langsung laga Final Piala Gubernur Jatim. Mereka datang dengan membawa atribut Persebaya.
Ilustrasi Bonek (Foto: Rachman Haryanto/detikSport)
Jakarta -

Pelatih Persebaya Aji Santoso memohon kepada suporter tak nekat lagi datang ke stadion. Sebelumnya, oknum Bonek sempat datang ke Cikarang, Minggu (29/8/2021).

Belasan oknum Bonek datang ke Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, karena termakan hoax. Mereka mendapat kabar bahwa Persebaya akan bermain di stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu.

Sudah datang jauh-jauh dari Surabaya, ternyata informasi tersebut palsu. Karena saat itu PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebenarnya memang baru merilis tiga jadwal pertandingan sebagai uji coba protokol kesehatan.

Dalam jadwal saat itu, sebenarnya tak ada agenda pertandingan Persebaya. Tiga pertandingan uji coba saat itu adalah Bali United Vs Persik Kediri, Persipura Jayapura Vs Persita Tangerang, dan Bhayangkara FC Vs Persiraja Banda Aceh.

"Saya sudah sampaikan bahwa berputarnya kompetisi tidak diraih dengan mudah. Kami harus apresiasi PT LIB, PSSI, Menpora, dan kepolisian yang telah beri izin kompetisi berputar," kata Aji Santoso saat memberikan keterangan virtual, Jumat (3/9).

"Artinya untuk bisa (Liga 1) berjalan itu sangat susah, kami harus mendukung dengan prokes ketat, baik suporter dan manajemen. Untuk suporter saya berharap permintaan pribadi dan tim mohon untuk kompetisi kali ini jangan ada satupun yang datang," ujarnya mengimbau.

Kedatangan oknum Bonek perlu menjadi perhatian serius. Bukan tidak mungkin akan ada oknum-oknum lainnya yang bakal melakukan hal serupa dan bahkan meniru.

Sebagaimana syarat pemerintah, BRI Liga 1 bisa jalan tanpa menciptakan kerumunan. Aksi nekat oknum Bonek menjadi salah satu hal terlarang yang bisa membuat pemerintah mempertimbangkan ulang izin kompetisi.

"Bukan berarti kami tidak mendukung, kami sangat butuh tetapi saat ini kami butuh doa dari rumah, jangan karena beberapa suporter nama persebaya tercoreng. Ini yang dikhawatirkan," tutur Aji Santoso.

"Kami yakin di Surabaya mereka tetap mendukung dari rumah dan tidak ada nonton bareng di Surabaya. Saya mohon doa supaya Persebaya bisa tampil bagus," ucapnya.

Adapun jadwal terdekat Persebaya adalah melawan Borneo FC pada, Sabtu (4/9). Lanjutan pekan pertama Liga 1 ini akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, pukul 18.15 WIB.

(aff/cas)