Dicari! 4 Tuan Rumah buat Fase Grup Liga 2 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 08 Sep 2021 20:47 WIB
Logo Liga 2
Dicari! 4 Tuan Rumah buat Fase Grup Liga 2 2021
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang mencari tuan rumah fase grup Liga 2 2021. Kompetisi kasta kedua kompetisi sepakbola Indonesia akan digelar akhir September.

Total ada 24 peserta yang akan dibagi ke dalam empat grup. Masing-masing grup nantinya akan diisi oleh enam klub yang akan menerapkan sistem double round robin alias setiap klub berhadapan dua kali.

Keputusan menggelar Liga 2 beserta formatnya ini adalah hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada, Selasa (7/9/2021). PSSI dan PT LIB juga sudah menggelar rapat membahas pelaksanaan Liga 2.

Kemudian PT LIB mengirim surat penawaran bidding kepada para klub untuk menjadi tuan rumah fase grup. Ada beberapa persyaratan yang ditentukan PT LIB buat para klub yang berminat untuk maju ke proses bidding.

"Untuk penetapan venue babak penyisihan Liga 2, PT LIB akan melakukan proses bidding ulang kepada klub yang berminat untuk menjadi tuan rumah babak penyisihan," tulis surat PT LIB.

Tuan rumah diwajibkan untuk menanggung biaya transportasi untuk klub-klub yang tergabung dalam grup mereka. Selain itu, mereka juga wajib merekomendasikan hotel dan lapangan latihan buat klub lain.

Sementara itu, PT LIB hanya akan memberikan subsidi sebesar Rp 400 juta buat tuan rumah. Adapun deadline bidding ini ditunggu hingga 9 September.

Surat penawaran bidding tuan rumah PT LIB:

1. Sesuai hasil rapat Exco tanggal 7 September 2021 di Kantor PSSI, diputuskan bahwa kompetisi Liga 2-2021 dilaksanakan dengan format 4 Grup dan dengan sistem double round robin di babak penyisihan grup:

2. Sehubungan dengan pelaksanaan babak penyisihan, bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

-Bahwa untuk penetapan venue babak penyisihan Liga 2 2021, LIB akan melakukan proses bidding ulang kepada klub yang berminat untuk menjadi tuan rumah babak penyisihan Liga 2-2021 dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Klub tuan rumah berhak bermain di homebase-nya;

b. Menanggung seluruh biaya penyelenggaraan pertandingan sesuai protokol kesehatan dan LIB akan memberikan subsidi sebesar Rp. 400.000.000,-(empat ratus juta rumah) selama babak penyisihan grup putaran satu;

c. Menanggung biaya transportasi lokal untuk klub peserta dengan rincian sebagai berikut:
-1 (satu) unit bus untuk masing-masing klub peserta untuk aktivitas pertandingan yaitu: Penjemputan, official training, pertandingan, kepulangan;

d. Merekomendasikan minimal 3 (tiga) lapangan latihan dengan kondisi yang baik serta representatif untuk klub peserta dengan biaya ditanggung oleh masing-masing klub;

e. Menginformasikan minimal 5 (lima) hotel yang representatif untuk klub peserta dengan biaya ditanggung oleh masing-masing klub.

Adapun pengajuan dan kesediaan menjadi tuan rumah dari klub disampaikan secara tertulis kepada LIB selambat- lambatnya tanggal 9 September 2021 dan akan diputuskan secara resmi setelah dilakukan verifikasi venue oleh LIB dan akan diumumkan saat Managers meeting yang waktunya akan diinfokan lebih lanjut.

Liga 2 Foto: (Muhammad Robbani/detikSport)

(aff/krs)