PSSI Mau Tertibkan Laga Uji Coba Usai Ricuh AHHA PS Pati Vs Persiraja

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 08 Sep 2021 13:47 WIB
Logo PSSI
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

PSSI akan menertibkan administrasi laga uji coba di tengah berlangsungnya Liga 1 2021, imbas dari sepakbola brutal pada laga AHHA PS Pati Vs Persiraja Banda Aceh.

Ada dua insiden yang terjadi dalam laga uji coba di Lapangan Pancoran Soccer Field, Jakarta, Senin (6/9/2021). Dua pemain AHHA PS Pati, yang nama resminya masih PSG Pati, yakni Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun melakukan pelanggaran keras ke pemain-pemain Persiraja.

Selain masalah sepakbola keras, laga uji coba di tengah kompetisi Liga 1 yang tengah berlangsung juga menjadi perhatian. Persiraja memainkan laga uji coba saat kompetisi Liga 1 tengah berjalan dengan sistem bubble to bubble.

Ada kekhawatiran pelonggaran penerapan protokol kesehatan ketat pada laga uji coba. Sistem bubble di Liga 1 pun bisa menjadi sia-sia saat klub masih berkegiatan di luar kompetisi resmi di masa pandemi COVID-19 ini.

"PSSI akan menegaskan kembali ke klub anggota yang mengadakan uji coba atau dengan tajuk latihan bersama, untuk diwajibkan menyampaikan surat pemberitahuan," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

"Atau harus memohon izin ke PSSI, Asprov, dan Askot Kabupaten agar mendapat rekomendasi serta mendapatkan wasit (resmi dari PSSI) yang akan memimpin laga tersebut," ujarnya menambahkan.

Dengan menempatkan wasit, setidaknya laga uji coba berada di bawah pengawasan PSSI. Dengan begitu, sanksi pelanggaran keras pun bisa dijatuhkan kepada pemain yang terlibat dalam laga uji coba.

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga menyoroti laga uji coba. Operator kompetisi menegaskan ke klub untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ketat.

"Uji coba bukan di bawah LIB, kalau dapat izin polisi buat uji coba ya monggo. Tetapi jangan sampai prokes diabaikan. Nanti klubnya sendiri yang rugi kalau ada yang positif. Dalam situasi itu kan kami nggak ikut periksa (mengawasi)," tutur Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

"Tapi nanti H-2 (klub) kami periksa lagi (tes antigen dan PCR), jangan sampai ada yang positif nanti sebelum main. Kami sih concern ke prokesnya," ujarnya menyoroti laga uji coba klub di tengah berlangsungnya kompetisi.

(krs/aff)