Persebaya Vs Tira Persikabo: Bajul Ijo Menang Meyakinkan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 11 Sep 2021 20:11 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Persebaya Surabaya menang meyakinkan pada pekan kedua BRI Liga 1 2021. Tira Persikabo mereka kalahkan dengan skor 3-1 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (11/11/2021).

Tim asuhan Aji Santoso langsung tancap gas sejak awal laga. Samsul Arif Munip sampai membuat kiper Tira Persikabo, Syahrul Trisna, kerepotan untuk mengawal gawangnya dari ancaman yang dilancarkan Samsul Arif.

Usaha Bajul Ijo pun membuahkan hasil pada menit ke-25 lewat gol yang dicetak Jose Wilkinson. Pemain asing asal Brasil sukses menyambar umpan cut back dari Alwi Slamat untuk membawa Persebaya unggul 1-0.

Ricky Kambuaya menggandakan keunggulan Persebaya menjadi 2-0 pada menit ke-39. Menerima bola lemparan ke dalam, Ricky Kambuaya langsung menerobos ke kotak penalti dan melepaskan tendangan ke tiang dekat yang tak bisa dihentikan Syahrul Trisna.

Dua menit berselang Jose Wilkinson memperlebar keunggulan Persebaya menjadi 3-0. Menerima operan dari Taisei Marukawa, Jose Wilkinson berhasil menusuk kotak penalti Tira Persikabo dan mencungkil bola saat berhadapan dengan kiper.

Sementara Tira Persikabo begitu kesulitan menembus pertahanan Persebaya Surabaya. Cuma mengandalkan serangan-serangan sporadis, Tira Persikabo tak sekalipun mengancam gawang Persebaya di babak pertama dengan catatan dua tendangan melenceng.

Peluang terbaik Tira Persikabo baru didapat Persebaya pada menit ke-60. Berawal dari aksi individu Ciro Alves yang kemudian mengirim umpan matang, Ahmad Nufiandani melepaskan tendangan yang berhasil dihalau bek Persebaya.

Dari situasi itu Tira Persikabo mendapat tendangan sudut yang diambil Ciro Alves. Tira Persikabo pun mendapatkan hadiah penalti setelah Dimas Drajat dijatuhkan Ricky Kambuaya setelah corner itu.

Ciro Alves yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan mengelabui kiper Persebaya Ernando Ari pada menit ke-64. Tira Persikabo memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Gol itu memompa semangat juang Tira Persikabo yang kemudian balik tampil ofensif. Ahmad Nufiandani nyaris mencetak gol kedua buat Tira Persikabo, sayang tendangan kerasnya masih mengenai mistar gawang Persebaya.

Pada menit ke-86 giliran Firza Andika yang mengancam lewat tendangan jarak dekat. Beruntung bagi Persebaya karena Ernando Ari masih bisa melakukan penyelamatan lewat aksi tepisannya.

Persebaya sukses mempertahankan kemenangan 3-1 atas Tira Persikabo. Ini adalah kemenangan pertama Persebaya di BRI Liga 1 2021. Sementara Tira Persikabo belum meraih tiga poin setelah main imbang pada laga pertama.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya: 21-Ernando Ari; 29-M Syaifuddin, 4-Alie Sesay, 28-Arif Satria, 88-M Alwi; 13-Rachmat Irianto, 17-Ricky Kambuaya, 10-Taisei Marukawa (Ady Setiawan 84'); 99-Bruno Moreira (Marselino Ferdinan 66'), 84-Jose Wilkson, 9-Samsul Arif Munip (Akbar Firmansyah 65')
Pelatih: Aji Santoso

Tira Persikabo: 26-Syahrul Trisna; 35-Pushniakou Siarhei, 2-Andy Setyo, 13-Didik Wahyu (Ahmad Nufiandani 46'), 11-Firza Andika; 4-Shumeiko Veniamin, 7-Ciro Alves, 69-Manahati Lestusen (Guntur Tri Aji 78'); 21-Hendra Adi Bayauw (Gilang Ginarsa 35'), 97-Dimas Drajat, 68-Roni Sugeng (Andre Oktaviansyah 59')
Pelatih: Ihar Kriushenko

(krs/rin)