Hari Ini Pengumuman Tuan Rumah Fase Grup Liga 2 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 16 Sep 2021 14:20 WIB
Logo Liga 2
Hari Ini Pengumuman Tuan Rumah Fase Grup Liga 2 2021
Jakarta -

Pengumuman tuan rumah fase grup Liga 2 2021 akan diumumkan hari ini. Sebelum itu akan digelar dulu managers meeting PSSI dan PT LIB, Kamis (16/9/2021).

Kepastian ini dicapai setelah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat membahas Liga 2, Rabu (15/9). Rapat ini digelar untuk membahas persiapan Liga 2 yang rencananya akan digelar mulai 26 September mendatang.

Rapat ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Dirtek Indra Sjafri, Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita, dan Dirops LIB Sudjarno. Kompetisi Liga 2 2021 nantinya akan diikuti 24 klub dan dibagi dalam empat grup.

"Kami mematangkan teknis untuk pelaksanaan Liga 2 2021 nanti. Pada Kamis (16/9) kami akan menggelar manajer meeting bersama seluruh perwakilan klub Liga 2 2021," kata Iriawan dalam rilis PSSI.

"Intinya kami telah siap menggelar Liga 2 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat dan pertandingan masih tanpa penonton. Untuk klub yang terpilih menjadi tuan rumah babak penyisihan grup Liga 2 2021, kami melakukan verifikasi terlebih dulu," ujarnya menjelaskan.

Saat ini ada 11 klub yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Mereka adalah PSMS Medan, PSPS Riau, Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, Martapura Dewa United FC, PSKC Cimahi, Persekat Tegal, PSCS Cilacap, Persis Solo, Kalteng Putra FC, dan Persiba Balikpapan.

Semua klub punya kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi tuan rumah. Klub dari luar Pulau Jawa pun bisa dipilih kalau memang dianggap memenuhi persyaratan.

Adapun beberapa syaratnya adalah klub tuan rumah wajib menyediakan transportasi lokal buat lawan-lawan mereka di grup. Selain itu tuan rumah juga wajib merekomendasikan hotel dan lapangan latihan. PT LIB cuma memberikan subsidi sebesar Rp 400 juta buat tuan rumah.

"Kami juga akan mempertimbangkan terkait kondisi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di kota masing-masing. Pada saat manajer meeting kami akan umumkan empat tuan rumah penyisihan grup," tutur Iwan Bule.

(aff/krs)