Pelatih Persija Tak Sesali Hasil Seri Lawan Persipura karena...

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 20 Sep 2021 17:17 WIB
Pesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Pahabol (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Rohit Chand (kanan) pada laga lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Minggu (19/9/2021). Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Persija saat berimbang lawan Persipura. (Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta -

Persija Jakarta kembali gagal meraih kemenangan setelah ditahan Persipura Jayapura. Sang pelatih Angelo Alessio punya alasan sehingga tak menyesali hasil imbang.

Macan Kemayoran tak mampu mencetak gol kontra Persipura dalam laga BRI Liga 1 2021 yang berkesudahan 0-0, Minggu (19/9/2021). Marko Simic Cs begitu kesulitan menembus gawang Persipura di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang.

Ini adalah hasil imbang ketiga Persija dari tiga penampilan pertamanya di Liga 1 2021. Sebelumnya mereka ditahan PSS Sleman 1-1 dan main 2-2 dengan PSIS Semarang.

Terkait start buruk ini, Angelo Alessio merasa pilihan pemainnya begitu terbatas. Hal ini tak lepas dari banyaknya pemain utama yang cabut tanpa mencari penggantinya.

"Saya pribadi tidak mau menyesali hasil imbang ini karena memang nyatanya tidak banyak pilihan pemain yang bisa saya mainkan. Saya harus memainkan pemain yang sudah ada apalagi pemain-pemain muda kami," kata Alessio seusai laga.

"Saya ingin para pemain memiliki komitmen dari pemain pemain yang ingin berkembang dan tidak cukup hanya untuk meraih kemenangan saja, tapi kualitas yang harus lebih ditingkatkan lagi oleh pemain-pemain yang ada dalam tim ini," ujarnya menambahkan.

Persija Jakarta memang menurunkan beberapa pemain mudanya kontra Persipura pada babak kedua. Mereka adalah Alfriyanto Nico, Raka Cahyana, Salman Alfarid, dan Taufik Hidayat.

Mereka masuk menggantikan pemain-pemain senior seperti Rezaldi Hehanussa, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic. Namun, minimnya pengalaman dari para pemain muda ini pun gagal memberikan perbedaan buat Persija.

"Terlalu banyak pemain muda di tim ini. Situasinya memang begini sejak awal saya menangani Persija yang kehilangan empat sampai lima pemain. Jadi saya harus memanfaatkan pemain yang ada, karena dari kehilangan pemain itu tidak ada pengganti yang sepadan," tutur pelatih asal Italia.

"Jujur setiap pertandingan saya ingin menang. tapi dengan pemain yang ada sekarang dan pemain-pemain muda ini, saya berharap semua bisa memberikan lebih lagi usahanya. Karena saya harus mencoba banyak kesempatan dalam latihan," ucapnya.

Adapun Persija Jakarta kehilangan banyak pemain kunci sebelum bergulirnya BRI Liga 1 2021. Beberapa di antaranya adalah Sandi Darman Sute, Heri Susanto, Evan Dimas, Alfath Fathier, hingga Marc Klok.

(krs/cas)