15 Pemain yang Meninggalkan Persija dan Menyeberang ke Persib

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 30 Jun 2021 16:45 WIB
Marc Klok jadi penentu kemenangan Persija Jakarta 2-1 atas Bhayangkara FC di Piala Menpora, Rabu (31/3/2021) malam WIB
15 Pemain yang pindah dari Persija Jakarta ke Persib Bandung. (Foto: dok.Persija Jakarta)
Jakarta -

Marc Klok menambah daftar pemain yang pindah dari Persija Jakarta ke Persib Bandung. Sebelumnya, sudah banyak pemain yang sudah lebih dulu melakukannya.

Meski kedua klub dikenal sebagai rival, banyak pemain yang menyeberang dari Persija ke Persib atau sebaliknya. Tak ada klausul dari masing-masing klub untuk melarang pemain pindah ke klub tertentu.

Kalaupun ada, kebanyakan dari mereka yang pindah sudah tak terikat kontrak dengan klub lamanya. Yang berarti sudah tak ada klausul yang bisa menghentikan para pemain-pemain ini 'menyebrang'.

Terlebih di Indonesia kebanyakan para klub cuma memberikan durasi kontrak selama semusim. Ketika pemain memutuskan pergi, klub rival bisa mendatangkannya.

Dalam kasus Klok, ia memutus kontrak jangka panjangnya dengan Persija. Ada kabar ia tak setuju dengan pemotongan nilai gaji di masa pandemi.

Meski begitu, sang pemain naturalisasi membantah tudingan tersebut. Ia menyebut ada hal lain yang membuatnya cabut dari Persija.

"Saya memahami kekecewaan fans, itu hak mereka itu emosi. Tetapi, mereka tidak tahu alasan sebenarnya. Tetapi ini soal respect, alasan soal ini akan diungkapkan suatu hari nanti " kata Klok kepada detikSport, pada 24 Juni lalu.

"Saya belum tahu mau bergabung ke klub mana. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi," ujarnya lagi saat itu.

Klok adalah salah satu contoh dari sedikit kasus pemain yang memutus kontrak lalu pindah ke Persib. Selebihnya, kebanyakan mereka yang meninggalkan Persija ke Persib dalam kondisi sudah habis kontraknya di Macan Kemayoran.

Siapa saja mereka?