Piala AFF: Shin Tae-yong Antusias dengan Hasil Drawing Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 21 Sep 2021 18:47 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Shin Tae-yong antusias Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia dan Vietnam di Piala AFF 2020. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyambut hasil pengundian Piala AFF 2020. Pasukan Garuda tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Grup ini terbilang menantang buat Timnas Indonesia karena keberadaan Malaysia dan Vietnam. Dua negara itu kerap menjadi hambatan buat Indonesia dalam beberapa kesempatan.

Namun, Shin Tae-yong justru antusias dengan keberadaan Malaysia dan Vietnam. Menurutnya, perjuangan Indonesia untuk lolos dari fase grup akan menjadi menarik.

"Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

Pada edisi sebelumnya, Indonesia punya kenangan buruk karena gagal lolos dari fase grup. Tim yang saat itu dilatih Bima Sakti tak mampu bersaing dengan Thailand, Singapura, dan Timor Leste.

Adapun PSSI menargetkan hasil maksimal pada edisi 2020 yang ditunda ke 2021 ini. Timnas Indonesia dipasang target juara untuk pertama kalinya sejak beberapa kali gagal di babak final.

"Kami yakin Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B ini. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi di ajang tersebut," ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Turnamen dua tahunan ini awalnya digelar pada 23 November-31 Desember 2020. Karena pandemi virus Corona, ditunda ke 11 April-8 Mei 2021. Turnamen itu akhirnya dijadwalkan ulang lagi, akan digelar 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Rencananya AFF masih mau mempertahankan format yang sama seperti pada edisi 2018. Yakni setiap tim berkesempatan dua kali memainkan dua laga kandang pada fase grup.

Namun kondisi COVID-19 kemungkinan akan membuyarkan rencana itu. Kemungkinan akan ada 1-2 negara yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Piala AFF 2020.



Simak Video "Top 5: Indonesia Vs Thailand Imbang 2-2, Pemobil Cekcok Gegara Rotor"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)