Piala AFF 2020 Digelar Terpusat, Tuan Rumahnya Sedang Dicari

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 22 Sep 2021 18:17 WIB
trofi Piala AFF
Piala AFF 2020 sedang mencari tuan rumah. (Foto: AFF Cup)
Jakarta -

Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) sudah memastikan bahwa Piala AFF 2020 akan digelar secara terpusat (sentralisasi). Saat ini, tuan rumah sedang dicari.

Keputusan ini diumumkan Presiden AFF Khiev Sameth setelah rampungnya drawing Piala AFF 2020 yang digelar pada, Selasa (21/9/2021). Dijelaskannya, format ini adalah yang paling aman.

Sebelumnya, AFF masih berencana menerapkan format terakhir sebagaimana pada Piala AFF 2018. Yakni setiap tim berhak memainkan dua kali laga kandang pada fase grup.

"Keamanan semua yang terlibat adalah prioritas kami. Kami sekarang sedang bekerja dengan para asosiasi anggota dengan menawarkan untuk menyelenggarakan Piala AFF secara sentralisasi," kata Khiev Sameth dalam pernyataan yang dirilis AFF.

"Kami akan melakukan segalanya, bekerja dengan otoritas terkait demi memastikan keamanan semua peserta pada turnamen yang akan digelar pada Desember. Pekerjaan kami sedang berlangsung dan kami akan menyediakan informasi lanjutan terkait venue secepatnya," ujarnya.

Format sentralisasi Piala AFF 2020 sempat digaungkan dengan Vietnam menjadi tuan rumahnya. Pada akhirnya Vietnam mundur yang juga menyebabkan Piala AFF batal terlaksana tepat waktu.

AFF pun sempat merencanakan Piala AFF ditunda ke 11 April yang pada akhirnya batal terlaksana juga. Sempat mau menggunakan format lama, akhirnya AFF menyerah juga dengan memilih lokasi sentralisasi.

Turnamen dua tahunan ini awalnya akan digelar pada 23 November-31 Desember 2020. Karena pandemi virus Corona, ditunda ke 11 April-8 Mei 2021. Turnamen itu akhirnya dijadwalkan ulang lagi ke 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Sementara itu, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Grup ini terbilang menantang buat Timnas Indonesia karena keberadaan Malaysia dan Vietnam.

Dua negara itu kerap menjadi hambatan buat Indonesia dalam beberapa kesempatan. Indonesia sempat satu grup dengan Vietnam dan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan hasil empat kekalahan (masing-masing dua kali kalah dari Vietnam dan Malaysia).



Simak Video "Top 5: Indonesia Vs Thailand Imbang 2-2, Pemobil Cekcok Gegara Rotor"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)