Play off Piala Asia: Timnas Indonesia Vs Taiwan Digelar di Thailand

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 11:17 WIB
Timnas Indonesia
Foto Timnas Indonesia: dok.PSSI
Jakarta -

Lokasi play off Piala Asia 2023 yang mempertemukan Timnas Indonesia melawan Taiwan menemui titik terang. Rencananya, laga dua leg nanti akan digelar di Thailand.

Laga play off harus ditempuh Timnas Indonesia setelah gagal total di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sedianya play off akan digelar dengan sistem kandang-tandang pada 7 September dan 12 Oktober 2021.

Namun situasi pandemi COVID-19 membuat PSSI dan Federasi Sepakbola Taiwan (CFTA) kesulitan memainkan laga kandangnya masing-masing. Baik PSSI maupun CFTA juga sepakat laga dua leg digelar di venue netral dan mendapat persetujuan AFC.

Sempat muncul kabar bahwa laga melawan Taiwan akan digelar di Qatar. Setelah lama tanpa kepastian, PSSI akhirnya mengungkapkan lokasi play off Piala Asia.

"Di Thailand. Kepastiannya masih menunggu surat resmi dari pemerintah Thailand," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

Thailand dipilih karena berpengalaman menggelar event-event sepakbola tingkat Asia di masa pandemi. Belum lama ini Thailand juga sudah berkesempatan menjadi salah satu tuan rumah Liga Champions Asia 2021.

Keringanan karantina dari pemerintah Thailand juga menjadi salah satu alasan lainnya. Jadi Timnas Indonesia maupun Taiwan nantinya tak perlu melakukan karantina di Thailand untuk memainkan laga play off.

Adapun Timnas Indonesia sudah menggelar Pemusatan Latihan (TC) di Jakarta sejak Minggu (19/9/2021). TC akan terus digelar menjelang perjumpaan dengan Taiwan.

"TC digelar sampai dengan berangkat ke Thailand untuk play off. Rencananya melawan Taiwan pada 7 dan 11 Oktober," ujar Yunus Nusi.

Pasukan Garuda menjadi salah satu dari total empat negara yang terlempar ke play off Piala Asia bersama Taiwan, Guam, dan Kamboja. Dua tim pemenang play off akan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Sementara Piala Asia 2023 akan digelar di China pada 16 Juni hingga 16 Juli. Gelaran empat tahunan ini akan diikuti oleh total 24 tim.

Jadwal Timnas Indonesia di play off Piala Asia 2023 Vs Taiwan

1. Timnas Indonesia Vs Taiwan
7 Oktober 2021

2. Taiwan Vs Timnas Indonesia
11 Oktober 2021

Lihat juga video 'Shin Tae-yong Memohon Agar Liga Indonesia Kembali Bergulir':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/pur)