Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF, Kapan Lawan Malaysia & Vietnam?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 16:17 WIB
Latihan Timnas Indonesia di bawah komando Shin Tae-Yong, di JA (Jebel Ali) Sports Center and Shooting Club, Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto ilustrasi timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong: Dok. PSSI
Jakarta -

AFF telah merilis jadwal Piala AFF 2020 setelah menyelesaikan pengundian fase grup. Timnas Indonesia akan bermain pada tanggal 9, 12, 15, dan 19 Desember 2021.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Grup ini terbilang menantang buat Timnas Indonesia karena keberadaan Malaysia dan Vietnam.

Pada laga pertama, Timnas Indonesia akan lebih dulu jumpa Kamboja lalu jumpa Laos. Laga ketiga dan keempat akan menjadi tantangan buat Timnas Indonesia karena jumpa Vietnam dan Malaysia.

Piala AFF 2020 yang diundur ke 2021 ini akan bergulir pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022. Rencananya turnamen dua tahunan ini akan digelar dengan sistem terpusat.

AFF batal melaksanakan ajang ini dengan format seperti yang diterapkan pada edisi 2018. Tak ada lagi kesempatan rata buat peserta untuk main laga kandang dua kali di fase grup.

Piala AFF akan dibuka dengan laga Grup A yang akan mempertemukan Singapura melawan Myanmar pada 5 Desember. Yang kemudian akan dilanjutkan dengan Brunei/Timor Leste melawan Thailand.

Brunei dan Timor Leste akan lebih dulu berjuang dari babak play off sebelum melaju ke babak utama. Mereka berdua akan memperebutkan 1 slot di Grup A.

Untuk lolos ke semifinal, Timnas Indonesia perlu menjadi juara grup atau runner-up. Semifinal dan final akan berlangsung dengan sistem dua leg.

Jadwal Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2020:

  1. 9 Desember 2021
    Timnas Indonesia Vs Kamboja
  2. 12 Desember 2021
    Laos Vs Timnas Indonesia
  3. 15 Desember 2021
    Timnas Indonesia Vs Vietnam
  4. 19 Desember 2021
    Malaysia Vs Timnas Indonesia
(krs/cas)