BRI Liga 1: Barito Putera Tumbangkan PSM Makassar 2-0

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 27 Sep 2021 17:17 WIB
Pesepakbola PS Barito Putera Baimatov (kiri) menghentikan pergerakan pesepakbola PSM Makassar Pluim (tengah) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). Pertandingan babak pertama berakhir 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
PSM (merah) tumbang dari Barito. Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Kabupaten Bekasi -

PSM Makassar menelan kekalahan pertama di BRI Liga 1 musim ini. Menghadapi Barito Putera di pekan kelima, Juku Eja kalah 0-2.

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (27/9/2021), Barito langsung tancap gas di awal laga. Hampir saja gawang PSM bobol di menit ke-4 andaikan sundulan Azamat Baimatov tak ditepis oleh kiper PSM, Syaiful Syamsuddin.

Ancaman Barito berlanjut sekitar semenit berselang. Lewat situasi sepak pojok, Aleksandar Rakić berhasil menyambut bola dan melepaskan tembakan, namun masih melenceng di sisi kanan gawang PSM.

Juku Eja berusaha membalas. Erwin Gutawa mendapat peluang di menit ke-25, namun sundulannya masih melebar di sisi kanan gawang Barito.

Di menit ke-31, Willem Jan Pluim berhasil mengecoh Luthfi Kamal kemudian melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti, tapi melebar di sisi kiri gawang Muhammad Riyandi.

PSM terus menyerang. Zulkifli Syukur mendapat peluang lewat tendangan sudut di menit ke-36, tapi sundulannya juga menyamping di sisi kiri. Adapaun percobaan jarak jauh Anco Jansen di menit ke-41 malah melambung jauh dari sasaran.

Beni Oktovianto berhasil masuk kotak penalti PSM dan melepaskan tembakan keras dari sisi kiri di menit ke-44, namun hasilnya juga melebar. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Di babak kedua, Barito langsung unggul cepat di menit ke-48. Crossing Bagas Kaffa ke kotak penalti dari sisi kanan langsung disambar Rakic dengan sundulan yang tak mampu dijangkau Syaiful. 1-0 untuk Barito.

PSM coba mengejar ketinggalan. Jansen mendapat peluang di menit ke-54 lewat tendangan bebas, tetapi sepakannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Riyandi.

Alih-alih menyamakan kedudukan, PSM kembali kebobolan di menit ke-60. Menerima umpan lambung dari Luthfi, Rafinha langsung menggiring bola dari sisi kiri menuju kotak penalti PSM. Ia mengecoh dua pemain sebelum melepaskan tembakan yang bersarang di sudut kanan gawang PSM.

Di sisa waktu, PSM coba mengejar skor, namun hingga peluit panjang, skor 2-0 untuk Barito Putera tetap tak berubah. Hasil ini membuat PSM menempati urutan kelima klasemen dengan 8 poin.

Sementara bagi Barito, kemenangan pertama ini membuat mereka berhasil keluar dari zona degradasi, menempati posisi 14 dengan 4 poin.


Susunan pemain

PSM Makassar: Syaiful, Zulkifli, Erwin (Hasic 63'), Hasim Kipuw, Rahman (Syahrul Mustofa 64'), Rasyid (Arfan 64'), Sutanto, Pluim, Yakob (Rizky Eka 64'), Ilham Udin (Saldi 82'), Anco Jansen

Barito Putera: Riyandi, Bagas, Baimatov, Dandi (Yuswanto 84'), Rifqy, Buyung (Rafi 77'), Bayu, Luthfi, Beni (Firli 79'), Rafinha, Rakic

(adp/aff)