Tanpa Duo Bek Andalan, Persib Mesti Putar Otak Hadapi PSM

Yudha Maulana - Sepakbola
Kamis, 30 Sep 2021 18:47 WIB
Pelatih Persib Robert Rene Alberts di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (20/2/2020).
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, harus memutar otak melawan PSM Makassar. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Duo bek andalan Persib Bandung Nick Kuipers dan Victor Igbonefo absen saat melawan PSM Makassar. Robert Rene Alberts pun mesti memutar otak.

Absennya dua palang pintu itu karena berbagai faktor. Nick harus menepi karena akumulasi kartu kuning yang diterimanya dalam duel melawan Tira Persikabo pekan lalu. Robert sendiri beberapa kali bilang kalau alasan kartu kuning bagi Nick sangatlah konyol.

Sedangkan Victor absen karena harus mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas untuk menghadapi Taiwan di babak playoff kualifikasi Piala Asia 2023. Melihat pemanggilan yang terkesan mendadak itu, Robert tak bisa berbuat banyak menatap duel dengan PSM di Liga 1 pada 2 Oktober 2021.

"Ini jadi hal menarik, karena kami harus mengatasi situasi yang dialami sekarang, tidak terpikir pekan lalu," ujar Robert dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/9).

Persib masih memiliki sejumlah pemain yang bisa dimainkan di posisi stopper. Di antaranya Achmad Jufriyanto yang menjadi salah satu pemain senior, sedangkan pemain-pemain lainnya di posisi yang sama terbilang muda seperti Kakang Rudianto, Indra Mustafa dan Dimas.

"Kami harus mengubah dua bek tengah dengan dua pemain secara tiba-tiba. Tapi kami harus memainkan dua pemain di posisi itu yang juga melanjutkan rekor pertahanan yang bagus. Karena kami juga harus bermain dengan tangguh karena PSM punya penyerangan yang bagus. Jadi menarik menanti bagaimana pemain kami mengisi tempat tersebut dan menjaga spirit tim dalam bertahan," ujar Robert.

Selain di lini belakang, Robert juga sepertinya harus mengatur atur ulang formasi Persib di lini depan biar pas. Sebab, striker asing Geoffrey Castillion dan striker naturalisasi Ezra Walian belum pulih betul.

"Saya belum yakin Geoffrey karena kini di masa latihan masih diobservasi. Untuk Ezra masih ada masalah di bahunya dan kami besok masih akan melihatnya di satu sesi latihan lagi. Kami juga masih akan melakukan tes PCR dan saya harus membuat list siapa yang akan dites. Ezra terlibat lebih positif saat ini bahwa dia akan gabung dengan tim ketimbang 2-3 hari yang lalu. Untuk Geoffrey kami masih harus melihatnya lebih di latihan," ujar Robert.



Simak Video "Persib Menang, Bobotoh Konvoi Lagi di Jalanan Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)