APPI Luncurkan Aplikasi Digital Online buat Pemain Liga 1 dan Liga 2

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 04 Okt 2021 18:25 WIB
Presiden APPI Firman Utina.
Presiden APPI Firman Utina Foto: (Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) meluncurkan Aplikasi Keanggotaan Digital. Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan para anggotanya.

Dengan sistem online, APPI ingin menjembatani kebutuhan para anggotanya secara lebih terintegrasi lagi. Segala keluhan para pemain juga bisa dilaporkan di sana, misalnya masalah penunggakan gaji.

Update terbaru terkait perkembangan sepakbola Indonesia juga akan disajikan di aplikasi tersebut. Intinya APPI ingin memudahkan komunikasi dengan para anggotanya dengan meninggalkan cara-cara tradisional.

Kehadiran aplikasi ini penting dengan besarnya jumlah pemain yang menjadi anggota APPI. Diklaim APPI, mayoritas pemain profesional di Indonesia dari Liga 1 hingga Liga 2 sudah terdaftar menjadi anggota.

"Jadi pemain nggak perlu membuka website APPI lagi untuk mencari berita. Selain itu aplikasi ini juga khusus buat pemain yang merupakan anggota APPI dengan sistem verifikasi data yang dilakukan oleh tim kami," tutur Plt. General Manager APPI M.Hardika Aji, di Kawasan Kemang, Jakarta, Senin (4/10/2021).

"Ada juga tombol red alert untuk melaporkan dugaan match fixing. Aplikasi ini terintegrasi dengan Interpol yang menangani pengaturan skor. Identitas pelapornya aman, APPI pun tak akan tahu siapa yang melapor," ucapnya menjelaskan.

Segala dokumen pemain juga bisa diunggah ke aplikasi APPI ini. Misalnya dokumen salinan kontrak yang sampai saat ini masih menjadi masalah di sepakbola Indonesia.

Masalah pemain tak punya atau kehilangan salinan kontrak dari klub diharapkan tak akan terjadi lagi. Salinan kontrak saat ini tengah menjadi masalah yang dialami 18 pemain eks pemain Persis Solo.

"Penekanan ke pemain dengan keanggotaan ini bahwa mereka sudah terlindungi, jangan khawatir menjadi anggota APPI. APPI bukan sekadar hanya mengurus masalah gaji," ucap Presiden APPI Firman Utina.

"Tetapi juga APPI itu memerhatikan pemain. Ada beberapa program, mulai dari penghargaan best footballer dan sebagainya, itu untuk menyemangati pemain. Semoga bisa menjadi motivasi buat mereka dan juga ujungnya buat Timnas Indonesia," tutur eks gelandang Timnas Indonesia itu.

(aff/krs)