Timnas Indonesia Langsung Tatap Piala AFF & Kualifikasi Piala Asia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 12 Okt 2021 14:20 WIB
Timnas Indonesia kalahkan Taiwan
Timnas Indonesia Langsung Tatap Piala AFF & Kualifikasi Piala Asia (dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia langsung mengalihkan fokus ke Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 seusai sukses lolos dari playoff dengan menyingkirkan Taiwan.

Pasukan Garuda baru saja meraih kemenangan 3-0 atas Taiwan pada leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia, Senin (11/10/2021). Kemenangan itu bikin Timnas Indonesia unggul 5-1 secara agregat karena menang 2-1 pada leg pertama.

Tetapi lolos playoff bukan akhir dari perjuangan. Terdekat sudah ada Piala AFF yang bakal digelar pada akhir tahun, tepatnya mulai 5 Desember mendatang.

"Setelah ini Timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia. Kami harap pemain untuk terus meningkatkan performa," kata Shin Tae-yong seusai laga leg kedua kontra Taiwan.

"Pemain juga harus fokus dan maksimal bermain di kompetisi liga. Kalau performa pemain terus membaik, secara taktik pun bisa meningkat, tentu Timnas Indonesia akan menjadi tim yang lebih baik lagi dari sekarang," ujarnya.

Shin Tae-yong sendiri mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya dalam dua kemenangan kontra Taiwan. Menurutnya, Evan Dimas Cs sudah menunjukkan semangat juang luar biasa.

Pelatih asal Korea sebelumnya belum pernah mempersembahkan kemenangan buat Timnas Indonesia sebelum laga kontra Taiwan. Padahal tugasnya sudah dimulai sejak ditunjuk PSSI mulai Desember 2019.

"Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan. Jadi, untuk ke depannya kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepakbola Indonesia pasti akan lebih berkembang," ucap Shin Tae-yong.

"Meski hari ini (Senin) kami mampu mencetak tiga gol, namun harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya," ucapnya.

Sementara itu, Piala AFF sudah diputuskan bakal digelar di Singapura yang ditunjuk sebagai tuan rumah tunggal. AFF menunjuk Singapura setelah memutuskan batal menerapkan sistem home-away seperti pada edisi 2018.

Adapun Timnas Indonesia dipastikan menempati pot 4 untuk Kualifikasi Piala Asia yang bakal digelar mulai 1 Februari 2022. Masih panjang perjalanan Timnas Indonesia untuk melaju ke babak utama Piala Asia.

(aff/aff)