Singapura Resmi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala AFF

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 28 Sep 2021 19:10 WIB
trofi Piala AFF
Singapura menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. (Foto: AFF Cup)
Jakarta -

AFF resmi menunjuk Singapura sebagai tuan rumah tunggal Piala AFF 2020. Singapura akan melangsungkan semua laga fase grup hingga pertandingan final.

Singapura ditunjuk karena dianggap sebagai lokasi paling representatif ketimbang kandidat lainnya. Indonesia dan Kamboja juga sempat dikabarkan berminat menggelar ajang ini.

Setelah menunjuk Singapura, AFF memastikan format turnamen ini tak berubah. Setiap tim akan memainkan empat laga pada fase grup.

Sementara babak semifinal dan final juga tetap digelar dengan dua leg. Sesuai ketetapan sebelumnya, Piala AFF akan digelar pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022.

"Kami dengan bangga mengumumkan Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF 2020. Kami menerima banyak pengajuan dari asosiasi member dan dewan AFF sempat kesulitan untuk mengambil keputusan terbaik dari semua calon tuan rumah," kata Presiden AFF Khiev Sameth dalam rilisnya, Selasa (28/9/2021).

"Prioritas kami adalah kesehatan dan keamanan buat semua pihak yang terlibat dan itu menjadi faktor terakhir kami dalam mengambil keputusan ini," ujarnya menambahkan.

[Gambas:Instagram]

Dijelaskan Khiev Sameth, ia mengaku bangga dengan antusiasme para anggota yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Meski dalam kondisi sulit, antusiasme ini menjadi sinyal positif bagi AFF terhadap sepakbola di kawasan ASEAN.

Kini fokus AFF adalah memastikan Singapura agar untuk siap menjadi tuan rumah yang baik. Harapan AFF, gelaran Piala AFF bisa memberikan hiburan lagi buat para pecinta sepakbola di ASEAN.

"Dengan senang hati kami menerima pemilihan Singapura menjadi tuan rumah sentralisasi Piala AFF yang akan dimulai pada Desember mendatang," tutur Presiden Federasi Sepakbola Singapura Lim Kia Tong.

"Kerja keras kami dimulai dari sekarang dan kami akan mengerahkan semua kekuatan, dan bekerja dengan dekat bersama AFF dan Pemerintah Singapura yang sudah mendukung, dan juga bersama otoritas untuk memastikan keamanan para peserta, ofisial, dan fans sepakbola ASEAN," ucapnya.



Simak Video "Sinovac Jadi Incaran Warga Singapura untuk Vaksinasi Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)