Masuk Pot 4, Perjalanan Timnas ke Piala Asia 2023 Masih Panjang

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 12 Okt 2021 18:40 WIB
Indonesia vs Taiwan
Masuk Pot 4, Perjalanan Timnas ke Piala Asia 2023 Masih Panjang (dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia masuk pot 4 Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim asuhan Shin Tae-yong bakal memainkan enam laga home-away pada babak grup berisi 4 tim.

Kepastian melaju ke babak kualifikasi didapatkan Timnas Indonesia setelah menang agregat 5-1 atas Taiwan dalam dua pertandingan playoff Kualifikasi Piala Asia. Leg pertama dimenangi dengan skor 2-1 dan menang lagi 3-0 pada leg kedua.

Masuknya Timnas Indonesia ke Pot 4 tak terlepas dari rendahnya ranking FIFA. Meski berpotensi naik setelah dua kemenangan atas Taiwan, Timnas Indonesia saat ini masih menempati rangking 175 FIFA.

Di pot 4, ada juga Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja/Guam. Status sebagai tim dari pot 4 membuat Timnas Indonesia berpotensi bertemu dengan lawan-lawan kuat.

Dari pot 1 misalnya ada Uzbekistan, di pot 2 Tajikistan, atau pot 3 yang dihuni Yaman hingga Afganistan. Sebanyak 24 tim peserta kualifikasi akan memperebutkan 11 tiket tersisa untuk melaju ke babak utama Piala Asia 2023 yang akan digelar di China.

Mereka akan dibagi ke 6 grup (A-F) yang masing-masing berisi 4 tim. Timnas Indonesia harus menjadi juara grup atau menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik babak grup untuk meraih 1 tiket ke Piala Asia.

Dengan sistem double-round-robin, Timnas Indonesia bakal memainkan enam laga selama fase grup. Adapun AFC rencananya bakal menggulirkan babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia pada 1 Februari hingga 27 September 2022.

Masih panjang jalan bagi Timnas Indonesia untuk melaju ke babak utama. PSSI sendiri menargetkan Timnas Indonesia lolos setelah lama absen.

Piala Asia 2007 dimana Indonesia menjadi salah satu tuan rumahnya adalah kiprah terakhir Garuda pada ajang empat tahunan ini. Selanjutnya Timnas Indonesia selalu absen berturut-turut pada edisi 2011, 2015, dan 2019.

"PSSI ingin timnas Indonesia menyamai timnas Wanita yakni dapat lolos ke Piala Asia 2023. Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi raih prestasi skuad Garuda," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam pernyataan resminya.

(aff/cas)