Tiga Wonderkid Debutan di Timnas Indonesia U-23

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 18:40 WIB
Subhan Fajrri pemain Garuda Select.
Subhan Fajri salah satu debutan sukses di Timnas Indonesia U-23. (Foto: dok.Garuda Select)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-23 punya catatan positif meski dikalahkan Australia pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Tiga wonderkid remaja diberi debut.

Pelatih Shin Tae-yong tak ragu menurunkan pemain-pemain di bawah usia 19 tahun untuk menjalani debutnya. Mereka adalah Marselino Ferdinan, Subhan Fajri, dan Ronaldo Kwateh.

Ketiganya diturunkan pada babak kedua dalam laga di Subhan Fajri di Stadion Republican Central Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021). Marselino dan Subhan diturunkan bersamaan pada menit ke-69 atau tak lama setelah Witan Sulaeman memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Sementara Ronaldo Kwateh diturunkan pada pengujung laga. Pemain muda Madura United itu masuk menggantikan Gunansar Mandowen.

Bicara soal usia, ketiganya masih sangat muda. Ronaldo Kwateh menjadi yang termuda karena belum lama berulang tahun yang ke-17, Marselino juga 17 tahun, sementara Subhan Fajri 18 tahun.

Bicara soal penampilan, Marselino menjadi debutan remaja yang cukup bersinar di Timnas. Masuknya pemain Persebaya Surabaya itu cukup memberikan warna dalam serangan-serangan Garuda Muda.

Sebelum Marselino masuk, Timnas U-23 kesulitan mengkreasikan serangan. Sementara Subhan Fajri belum begitu menonjol.

Untuk Ronaldo Kwateh, ia tampil cukup percaya diri memperlihatkan skill-skill istimewanya. Aksi melewati pemain lawan tak sungkan ia tunjukkan meski lawannya jauh lebih besar dan berpengalaman darinya.

Hanya saja, tak banyak waktu tersisa buat Ronaldo Kwateh. Penampilannya di lapangan cuma berlangsung singkat lantaran baru dimainkan pada injury time.

Terlepas dari itu, keberanian Shin Tae-yong memainkan ketiganya patut diacungi jempol. Pelatih asal Korea itu lagi-lagi mengorbitkan pemain muda di Timnas Indonesia.

Hal yang sama juga sudah pernah ia lakukan di Timnas Indonesia senior. Jika kepercayaan bisa dibayar oleh para pemain muda, Timnas Indonesia punya masa depan menjanjikan.

Jangan lupa masih ada Piala Dunia U-20 yang ditunda ke 2023 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Bukan tidak mungkin skuad Timnas U-20 mendatang adalah pemain-pemain muda yang diorbitkan dari sekarang.

Usia tiga remaja debutan di Timnas U-23 Vs Australia

1. Ronaldo Kwateh: 17 tahun 8 hari
2. Marselino Ferdinan 17 tahun 48 hari
3. Subhan Fajri 18 tahun 167 hari

(cas/rin)