Pelatih Timnas Wanita Sudah Duga Indonesia Masuk Grup Berat

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 19:47 WIB
Pelatih PS TNI, Rudy Eka Priyambada
Pelatih Timnas Wanita, Rudy Eka, sudah menduka akan masuk grup berat di Piala Asia 2022. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikSport)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Wanita Rudy Eka menanggapi drawing Piala Asia Wanita 2022. Ia sudah menduga timnya bakal masuk ke grup dengan lawan-lawan berat.

AFC telah menggelar pengundian fase grup Piala Asia Wanita 2022, Kamis (28/10/2022). Hasilnya, Indonesia masuk Grup B bersama Australia, Thailand, dan Filipina.

Australia dan Thailand tergolong sebagai lawan berat. Keduanya sudah pernah bermain di Piala Dunia Wanita.

Sementara Filipina cukup rutin ikut Piala Asia Wanita di masa lalu. Pada gelaran 2018 atau edisi sebelumnya malahan Filipina bisa menembus enam besar.

"Sesuai ekspektasi sebelumnya bahwa kami akan berada dalam grup yang dihuni oleh tim-tim besar yang memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi Di fase grup," kata Rudy Eka dalam rilis PSSI.

"Kami akan menghadapi Filipina, Thailand, dan salah satu tim terbaik di turnamen ini (Australia). Kami harus fokus dan bekerja keras saat tampil di fase grup nanti," ujarnya menambahkan.

"Karena hanya dua tim setiap grup dan dua peringkat tiga terbaik dari semua grup yang akan lolos ke babak selanjutnya," katanya lagi.

Total ada 12 tim peserta yang dibagi ke tiga grup (A-C). Masing-masing grup diisi oleh empat tim yang akan bersaing untuk melaju ke perempat final.

Karena cuma ada tiga grup, ada kesempatan buat klub peringkat tiga sebanyak dua tiket untuk melaju ke perempat final. Mereka yang berhak lolos ke 8 besar adalah juara grup, runner-up grup, dan dua tim peringkat ketiga terbaik.

Mengincar posisi ketiga terbaik bisa menjadi opsi buat Indonesia. Dibanding para pesaingnya, cuma Indonesia yang sudah lama ikut serta sejak tampil pada edisi 1989.

"Berada di grup B ini artinya kami harus bekerja lebih keras lagi sebagai satu tim untuk menampilkan yang terbaik di final Piala Asia nanti," ucap Rudy Eka.

(cas/krs)