Persija Mau BRI Liga 1 Secepatnya Pakai VAR

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 01 Nov 2021 16:20 WIB
Angelo Alessio sudah memimpin latihan Persija Jakarta.
Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio, berharap Liga 1 segera pakai VAR. (Foto: dok.Persija Jakarta)
Jakarta -

Pelatih Persija Jakarta Angelo Alessio mendukung niatan penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di BRI Liga 1 2021. Menurutnya VAR sangat diperlukan.

Rencana menghadirkan VAR di Liga 1 belum lama ini diungkapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Operator kompetisi menilai VAR bisa menjadi jawaban atas berbagai kontroversi kepemimpinan wasit yang ramai di sepakbola Indonesia.

Hal itu kemudian disambut Alessio yang menilai bahwa VAR adalah sebuah keharusan. Apalagi Persija adalah salah satu korban dugaan kesalahan pengambilan keputusan dari wasit dalam pertandingan musim ini.

"VAR adalah teknologi yang bagus. Saya pikir banyak situasi yang tidak dilihat oleh wasit dan VAR bisa membuatnya jauh lebih baik," Kata Alessio saat memberikan keterangan pers virtual.

"Saya pikir VAR bagus untuk dapat dipakai di masa depan. Saya berharap secepatnya kompetisi di Indonesia dapat menggunakan teknologi tersebut," ujarnya berharap.

Hanya saja, keinginan Alessio belum akan terwujud dalam waktu dekat. Selain teknologinya yang mahal, menjalankan VAR juga perlu Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kualifikasi khusus.

Wasit VAR pun harus bersertifikasi resmi oleh FIFA. Wasit-wasit pun akan menjalani kursus terlebih dahulu sebelum bisa mengoperasikan VAR di Liga 1 nantinya.

Paling cepat VAR sudah hadir pada akhir musim Liga 1 musim ini. Hanya saja cuma akan berlangsung dalam tahap uji coba terlebih dahulu.

"VAR mungkin akan digunakan musim depan. Tapi saya berharap di akhir musim ini bisa diuji cobakan. Bagusnya semua laga pakai VAR, tetapi kami sudah tahu dalam seminggu ada pertandingan dimana saja, di setiap pertandingan, di titik mana yang kira-kira membutuhkan VAR," tutur Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita belum lama ini.



Simak Video "Gegara Corona, Bagaimana Nasib Laga Persija Vs Persebaya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/pur)