PSSI Batasi Maksimal Panggil 2 Pemain Per Klub untuk Piala AFF?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 07 Nov 2021 18:45 WIB
Timnas Indonesia
PSSI Batasi Maksimal Panggil 2 Pemain Per Klub untuk Piala AFF? (Foto; dok PSSI)
Jakarta -

PSSI diperkirakan kembali menerapkan pembatasan maksimal memanggil dua pemain per klub untuk Piala AFF. Terkini, ada 26 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia.

Sebanyak 26 pemain itu dipanggil Timnas Indonesia untuk menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Turki dalam persiapan menuju Piala AFF 2020. Di Turki, Pasukan Garuda juga akan beruji coba melawan Afghanistan dan Myanmar.

Afghanistan akan menjadi lawan uji coba pertama pada 16 November. Kemudian Myanmar bakal menjadi lawan uji tanding kedua pada 25 November.

Khusus laga melawan Afghanistan dipastikan sebagai laga uji coba resmi yang diakui FIFA. Dalam jadwal FIFA, jeda internasional Bulan November berlangsung pada tanggal 8-16.

"Tidak tahu saya. Pokoknya, jumlah 26 pemain ini adalah pemain-pemain yang disampaikan dan untuk FIFA Matchday. Kalau untuk FIFA Matchday, kan tidak ada masalah," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada wartawan di Training Ground ASIOP, Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (7/11/2021).

Dari daftar yang dirilis PSSI, memang tak ada klub yang pemainnya dipanggil lebih dari dua orang. Daftar 26 pemain itu juga berpotensi menjadi skuad final Timnas Indonesia di Piala AFF mendatang.

Solusi pembatasan jumlah pemanggilan pemain pun menjadi pilihan yang tak bisa dihindarkan. Hal ini agar klub tak kehilangan terlalu banyak pemain untuk berkompetisi di Liga 1.

Karena PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin kompetisi selesai tepat waktu pada Maret 2022. Dengan begitu, Liga 1 akan bergulir beriringan dengan Piala AFF yang akan digelar terpusat di Singapura pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022.

Jika terjadi, maka hal ini menjadi pengulangan bagi Timnas Indonesia seperti di Piala AFF 2016. Saat itu, tim pelatih cuma diizinkan memanggil maksimal dua pemain per klub karena turnamen rasa kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) masih berjalan di tengah gelaran Piala AFF 2016.

26 Pemain Tim Nasional Indonesia:

Kiper:
1. M. Riyandi, Barito Putera
2. Syahrul Fadillah, Tira Persikabo

Bek:
3. Fachrudin Aryanto, Madura United
4. Victor Igbonefo, Persib
5. Ryuji Utomo, Penang FC
6. Alfeandra Dewangga, PSIS
7. Elkan Baggott, Ipswich Town
8. Pratama Arhan, PSIS
9. Edo Febriansyah, Persita
10. Vava Mario, Persik Kediri
11. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

Gelandang:
12. Evan Dimas, Bhayangkara FC
13. Kadek Agung, Bali United
14. Rachmat Irianto, Persebaya
15. Ahmad Agung, Persik Kediri
16. Ricky Kambuaya, Persebaya
17. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Takzim
18. Irfan Jaya, PSS Sleman
19. Ramai Rumakiek, Persipura
20. Witan Sulaeman, Lechia GdaƄsk
21. Egy Maulana Vikri, FK Senica
22. Yabes Roni, Bali United

Penyerang:
23. Kushedya Hari Yudo, Arema FC
24. Dedik Setiawan, Arema FC
25. Hanis Saghara, Tira Persikabo
26. Ezra Walian, Persib.

(aff/cas)