ADVERTISEMENT

Stadion JIS Debut Desember: Ada Madrid, Barcelona, dan Atletico

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 18 Nov 2021 21:30 WIB
Foto udara pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Jumat (17/9/2021). Progres pembangunan Jakarta International Stadium berkapasitas 82.000 penonton yang digarap oleh PT Jakarta Propertindo itu pada minggu ke-105 telah mencapai 70,8 persen. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Bakal ada turnamen di JIS yang melibatkan Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Stadion Jakarta International Stadium (JIS) bakal debut Bulan Desember dengan turnamen yang melibatkan Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona U-18.

Turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 bakal menggelar partai perebutan tempat ketiga dan final di Stadion JIS. Turnamen serupa sudah pernah digelar di Bali pada 2019.

Untuk edisi 2019, saat itu juga melibatkan klub-klub kelompok usia dari Eropa, yakni Real Madrid, Inter Milan, dan Arsenal U-20. Untuk 2021 ini, babak penyisihan tetap akan digelar di Bali, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Turnamen ini mendapat dukungan dari Pemprov Bali dan Pemprov DKI Jakarta yang mau membangkitkan gairah perekonomian dan menunjang industri pariwisata di Bali dan DKI Jakarta. Ini direfleksikan melalui program soft launching Jakarta International Stadium (JIS) yang menandai aktivitas pariwisata Indonesia perlahan bangkit.

Program IYC 2021 diharapkan dapat menjadi tonggak baru bagi sepakbola Indonesia di mata dunia, serta menjadi awal bersejarah bagi lahirnya ikon baru kebanggaan yakni Stadion JIS.

"Pemprov DKI sangat senang dan antusias berkolaborasi bersama Pemprov Bali dalam program IYC 2021, sekaligus sebagai bagian dari soft launching Jakarta International Stadium," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan keterangan secara virtual.

"JIS adalah persembahan dari Pemprov DKI kepada seluruh masyarakat Indonesia sebagai simbol baru kolaborasi, inklusivitas, keberlanjutan regenerasi urban dan kebangkitan ekonomi Kota Jakarta," ujarnya lagi.

Geliat pemulihan industri pariwisata di Provinsi DKI Jakarta dan Bali semakin bergulir dengan mulai dibukanya beberapa objek wisata. Hal ini merupakan salah satu bentuk untuk menyelamatkan ekonomi daerah yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Bali melalui program soft launching JIS, selain mempersiapkan infrastruktur, juga terus melakukan berbagai program sinergis berkaitan dengan pembinaan serta pendidikan para atlet muda sepak bola Indonesia. Program soft launching JIS berupa IYC 2021, merupakan bentuk pembinaan dan pendidikan atlet muda sepak bola Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi atas prakarsa penyelenggaraan turnamen sepak bola IYC 2021 yang dilaksanakan oleh pihak Pancoran Soccer Field (PSF) dengan berkolaborasi bersama Pemprov DKI dan Bali," kata Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam acara yang sama.

"Hal ini sejalan dengan sport tourism yang sangat kita butuhkan sebagai salah satu cara untuk mendukung dan membangkitkan pariwisata. Kami berharap, pelaksanaan turnamen ini dapat menjadi role model dalam pembinaan persepakbolaan bagi anak-anak usia muda di Indonesia, khususnya di Bali dan Jakarta," ucapnya lagi.

Chairman Pancoran Soccer Field (PSF), Gede Widiade, menambahkan, rangkaian pertandingan fase grup IYC 2021 digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 4-8 Desember 2021. Memasuki babak perebutan tempat ketiga dan final, pertandingan akan digelar di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), pada 11 Desember 2021.

"Tahun ini tim-tim dari luar negeri bersedia bertanding di Jakarta dengan alasan yang sangat fundamental. Karena di Jakarta akan dilakukan soft launching stadion yang punya reputasi internasional, yaitu JIS," ujar Gede Widiade.

JIS merupakan stadion bertaraf internasional yang akan memfasilitasi kebutuhan acara berskala besar dengan menawarkan pengalaman baru bagi seluruh elemen masyarakat dan menjadi bagian penting dari transformasi Kota Jakarta.

Menariknya, pertandingan perebutan ketiga akan digelar di lapangan di dalam Stadion JIS. Padahal, saat turnamen ini digelar, Stadion JIS masih dalam tahap pembangunan.

Jadwal International Youth Championship (IYC) 2021:

4 Desember (Stadion I Wayan Dipta)
-Real Madrid vs Atletico U-18, Pukul 16.30 WITA
-Barcelona U-18 vs Indonesia Selection U-20, Pukul 20.00 WITA

6 Desember (Stadion I Wayan Dipta)
-Atletico Madrid U-18 vs Barcelona U-18, Pukul 16.30 WITA
-Indonesia Selection U-20 vs Madrid U-18, Pukul 20.00 WITA

8 Desember (Stadion I Wayan Dipta)
-Indonesia Selection U-20 vs Atletico U-18, Pukul 16.30 WITA
-Real Madrid U-18 vs Barcelona U-18, Pukul 20.00 WITA

11 Desember (Jakarta International Stadium)
-Perebutan tempat ketiga, Pukul 15.30 WIB
-Final, Pukul 20.00 WIB

(mrp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT