JIS Gelar Turnamen Bulan Desember, Pemprov DKI Izinkan Penonton Hadir

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 18 Nov 2021 22:00 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan lapangan utama Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (16/11/2021). Pembangunan stadion berkapasitas 82.000 penonton yang ditargetkan selesai pada akhir 2021 itu  berdasarkan data per 15 November 2021 telah mencapai 83,22 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Bakal ada penonton dalam jumlah terbatas di International Youth Championship 2021 (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Jakarta International Stadium (JIS) bakal debut Bulan Desember. Pemprov DKI Jakarta mengizinkan penonton hadir dalam jumlah terbatas.

JIS bakal menggelar perebutan tempat ketiga dan final Turnamen International Youth Championship (IYC) 2021. Pesertanya adalah Indonesia All Star, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona U-18.

Sebelum digelar di JIS, babak penyisihan IYC ini bakal lebih dahulu diselenggarakan di Bali. Stadion Kapten I Wayan Dipta bakal menyelenggarakan enam pertandingan pada 4, 6, dan 8 Desember 2021.

Selepas itu, pertandingan dipindahkan ke JIS untuk partai perebutan tempat ketiga dan final pada 11 Desember. Menariknya, penonton sudah diizinkan untuk masuk ke dalam stadion.

Saat ini JIS sebenarnya belum sepenuhnya selesai dibangun 100 persen. Saat ini pembangunan JIS masih di kisaran 80 persen.

"Untuk pertandingan sepakbola sudah siap, fasilitas-fasilitas penunjang yang sifatnya wajib untuk pertandingan, Insyaallah sudah siap. Kami senang Bali dan Jakarta berkolaborasi menjadi tuan rumah event internasional," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan keterangan secara virtual, Kamis (18/11/2021).

"Dua tempat inilah yang jadi pintu gerbang Indonesia kepada dunia maupun sebaliknya. Harapannya bukan sekadar event sepakbola tapi mengirim pesan kepada dunia, bahwa Indonesia aman. Mereka jadi duta menyampaikan kepada dunia, bahwa situasi Jakarta, dan Bali baik terkendali," ujarnya menambahkan.

JIS dibangun dengan kapasitas besar yakni mampu menampung 82 ribu penonton. Dengan begitu, JIS akan menjadi stadion terbesar di Indonesia mengalahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang punya kapasitas 75 ribu penonton.

Untuk gelaran IYC di Bali, Gubernur Bali Wayan Koster sudah mengizinkan kehadiran suporter sebesar 25 persen dari kapasitas stadion. Khusus untuk JIS, Anies Baswedan belum memberikan kepastian.

"Kami membayangkan banyak yang ingin hadir, saya merasakan betul. Jutaan orang ingin kembali ke stadion karena pertandingan sepakbola biasanya ditonton langsung. Kami akan membuka, tetapi masih dibatasi jumlahnya," tutur Anies Baswedan.

"Jadi kami belum bisa isi penuh walau stadion kapasitasnya 82 ribu, tetapi yang mungkin bisa dipakai tak sebanyak itu. Fasilitas yang kami miliki sudah berskala internasional, harapannya bisa tumbuh pemain-pemain kelas internasional," ucapnya.

(mrp/mrp)