International Youth Championship 2021 Usung Misi Bantu Pemerintah

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 01 Des 2021 21:01 WIB
International Youth Championship 2021
Konferensi Pers virtual IYC 2021. (Foto: dok. International Youth Championship)
Jakarta -

Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona U-18 bakal tampil di International Youth Championship (IYC) yang berlangsung di Bali dan Jakarta. Acara ini bertujuan untuk membantu program pemerintah.

IYC bergulir pada 4 sampai 11 Desember 2021. Fase grup bakal bergulir di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Indonesia All Star U-20 bakal bersaing dengan skuad muda dari Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Kompetisi ini sekaligus menjadi soft launching Jakarta International Stadium (JIS). Stadion anyar di Jakarta itu akan menggelar laga perebutan tempat ketiga dan final.

Chairman Pancoran Soccer Field (PSF), Gede Widiade, bakal terlibat langsung dalam perhelatan ini. Kebetulan pula bos besar dari klub Persiba Balikpapan tersebut sudah pernah mengadakan IYC pada 2018.

Gede menekankan perhelatan ini salah satunya membantu pemerintah untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah sip dalam penanganan kasus virus Corona. Gede juga menyampaikan acara ini bisa mendapatkan lampu hijau usai berkoordinasi dengan Pemprov Bali dan Pemprov Jakarta.

"Perlu disampaikan bahwa tujuan mengadakan turnamen adalah untuk membantu program pemerintah, pertama pembinaan sepakbola usia muda dan kedua membantu program pemerintah yang sedang in pada saatnya," kata Gede dalam konferensi pers virtual IYC, Rabu (1/12/2021) sore WIB.

"Untuk tahun 2021, ini merupakan acara yang seharusnya dilaksanakan pada 2020. Pandemi membuat kami harus mengundur ke tahun ini. Pemerintah telah melakukan kegiatan yang sangat-sangat luar biasa dalam rangka menangi pandemi. Untuk itu sebagai masyarakat, kami PSF menggandeng pemerintah Provinsi DKI dan Provinsi Bali merasa wajib untuk membantu menginformasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menangani, memerangi, dan menyelesaikan pandemi yang ada di Indonesia."

"Tidak mungkin pemerintah sendiri yang mengkampanyekan, mempromosikan, menginformasikan keberhasilan yang telah kita alami. Kami PSF, Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah DKI bersama RCTI ingin membantu pemerintah untuk meminta kepada official dan pemain yang hadir sebagai figur sepakbola, sebagai figur-figur yang perlu diperhatikan oleh dunia untuk melihat, merasakan, menyampaikan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka penanganan covid. Kenapa di Bali, kenapa di Jakarta. Di Bali karena merupakan representative kota pariwisata di Indonesia dan Jakarta merupakan representative kota besar di Indonesia."

"Dua kota ini diharapkan bisa menjadi representative kota yang dapat di informasikan kepada masyarakat dunia. Kita berharap bahwa kompetisi ini disamping menjadi bahan percontohan, menjadi bahan pelajaran buat pembinaan para talenta muda Indonesia, tapi yang tidak kalah penting adalah membantu pemerintah untuk menginformasikan apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan terhadap pandemi ini. Untuk itu kepada masyarakat Indonesia, kami mohon dengan kegiatan ini mengingatkan kepada kita bahwa pandemi masih ada, prokes 100% harus dikedepankan agar kehidupan ke depan lebih nyaman," Gede menegaskan.

IYC bakal bergulir tanpa penonton. Tempat penayangan IYC bisa disimak di halaman selanjutnya.



Simak Video "Debut Manis Coutinho"
[Gambas:Video 20detik]