PSSI: Elkan Baggott Sudah Susul Timnas Indonesia ke Singapura

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 02 Des 2021 17:04 WIB
Pemain yang baru mendapatkan KTP Indonesia ini turut latihan bersama sebelum berangkat ke Turki untuk menjalani TC. Postur tubuhnya tinggi banget lho gaes.
Elkan Baggott sudah menyusul Timnas Indonesia ke Singapura. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PSSI memastikan Elkan Baggott bisa memperkuat Timnas Indonesia sejak awal gelaran Piala AFF 2020. Bek jangkung itu menyusul ke Singapura dari Inggris.

Elkan Baggott menjadi salah satu dari total 30 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. Ia sempat diduga tak akan main di Piala AFF karena masalah izin dengan klubnya, Ipswich Town.

Piala AFF berjalan beriringan dengan kompetisi Eropa karena tak masuk jadwal jeda internasional atau FIFA Matchday. Tapi PSSI memastikan bahwa Elkan Baggot tak ada kendala izin dengan klubnya.

Timnas Indonesia sudah meninggalkan Turki dan terbang ke Singapura untuk tampil di Piala AFF. Turnamen dua tahunan ini digelar secara terpusat pada 5 Desember hingga 1 Januari 2023.

"Elkan Baggott bergabung hari ini ke Singapura dari Inggris," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Sebelumnya, Elkan sendiri memang sudah memastikan bakal menyusul Timnas Indonesia ke Singapura. Ia mengaku tak dihalangi klubnya untuk bermain di Piala AFF.

"Klub saya (Ipswich Town) sudah memberikan izin. Saya kira melawan Afghanistan akan digelar pada FIFA Matchday dan saya mau bermain di laga itu jika nantinya terpilih (masuk ke tim)," kata Elkan ditemui setelah latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Rabu (10/11).

"Lalu setelah itu saya akan kembali ke tim saya untuk bermain di sana selama dua pekan. Dan 1 Desember saya akan terbang ke Singapura," ujarnya lagi saat itu.

Kepastian ini memberikan kelegaan buat Timnas Indonesia yang membutuhkan sosok bek tangguh. Dalam beberapa penampilannya, Elkan sudah menunjukkan kualitasnya sebagai bek yang punya kemampuan bertahan sangat baik.

Besar kemungkinan satu tempat sudah menjadi milik Elkan di lini belakang. Shin Tae-yong tinggal memilih partner yang tepat untuk menemani pemain 19 tahun itu di jantung pertahanan Garuda.

Pemain kelahiran 2002 bisa diduetkan dengan Victor Igbonefo. Masih ada juga stok bek tengah lainnya yakni Rizki Ridho dan Ryuji Utomo.

(cas/krs)