Pelatih Persib Ungkap Kekecewaan Usai Dikalahkan Persebaya

Yudha Maulana - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 11:30 WIB
Persebaya Surabaya unggul 3-0 saat bertanding melawan Persib Bandung Rabu (8/12) malam. Dua gol Bajul Ijo berasal dari Taisei Marukawa.
Persib kalah 0-3 dari Persebaya. Foto: Pius Erlangga/detikcom
Sleman -

Persib Bandung dihajar 0-3 oleh Persebaya Surabaya di pekan ke-16 BRI Liga 1 musim ini. Pelatih Maung Bandung Robert Alberts menyoroti fokus para pemainnya di laga tersebut.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Rabu (8/12/2021) malam, pertahanan Maung Bandung yang dikenal tangguh dibuat porak poranda. Persebaya sukses mencetak gol lebih dulu lewat Taisei Marukawa di menit ke-57.

Tersengat gol lawan, Robert melakukan rotasi dengan memasukkan Geoffrey Castillion menggantikan Febri Hariyadi, tetapi hasilnya masih jauh dari harapan. Persebaya kembali mencetak gol di menit ke-69 lewat Bruno Moreira.

Tertinggal 0-2, Persib pun melakukan rotasi di lini tengah dengan memasukkan Esteban Vizcarra, Abdul Aziz, dan Erwin Ramdani di lini tengah untuk mengejar ketertinggalan dan mengantisipasi para pemain kunci Persebaya. Tetapi, timnya keburu kehilangan fokus karena bombardir serangan dari Persebaya.

Marukawa pun kembali mencetak gol di injury time babak kedua, menutup skor 3-0 untuk laga ini.

"Kami punya peluang untuk menciptakan gol terlebih dahulu, tapi akhirnya menjadi kesalahan fatal karena kesalahan sendiri dan itu akhirnya berbuah gol untuk lawan," ujar Robert dalam konferensi pers daring seusai laga.

"Dan semua sudah tidak ada alasan lagi, kita mencoba satu sama lain antar pemain, dan kita mencoba menganalisis kemudian mencari solusi ketika mereka bermain, bagaimana mereka memanfaatkan peluang dari transisi menyerangnya," ujar Robert melanjutkan.

"Kemudian mereka ingin mengejar kembali karena merasa bisa, tapi akhirnya fokus itu hilang lagi ketika harus bertahan dan seharusnya tidak terjadi seperti itu, tetapi yang paling penting adalah kita harus memperbaiki diri, kita harus siap lagi karena sekarang tentunya untuk mengejar ke posisi pertama juga sedikit jauh, kemudian rawan di posisi kedua karena bisa saja disalip," jelas Robert.

Hasil ini tak menggeser posisi Persib di urutan kedua klasemen sementara dengan 31 poin, namun Persebaya kini menempel di urutan ketiga dengan selisih satu poin saja. Jika Bali United (29 poin) berhasil menang atas Madura United nanti malam, Kamis (9/12), Maung Bandung akan turun peringkat.

Persib selanjutnya akan melawan Persik Kediri, yang akan menjadi penutup seri ketiga Liga 1, pada Minggu (12/12) pukul 17.00 WIB.

(yum/adp)