Meski Menang, Timnas Indonesia Belum Sesuai Harapan Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 22:40 WIB
Indonesia, Kamboja, Piala AFF 2020
Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja di partai pertama Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)
Jakarta -

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong kurang puas dengan permainan melawan Kamboja. Meski menang 4-2, penampilan Garuda disebut tak sesuai harapannya.

Timnas Indonesia meraih tiga poin di partai pertama Piala AFF 2020 berkat gol-gol yang dicetak Rachmat Irianto (2 gol), Evan Dimas, dan Ramai Rumakiek. Dua gol Kamboja dicetak oleh Yue Safy dan Prak Mony Udom, dalam laga di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Tetapi kemenangan ini tak cukup untuk membuat Shin Te-yong puas. Permainan Evan Dimas Cs disebut masih belum memuaskan dari segi performa.

Kamboja yang sempat tertinggal 1-3, balik mengendalikan permainan pada babak kedua. Sampai-sampai Kamboja pun punya peluang mencetak gol lebih banyak ketimbang Timnas Indonesia.

"Memang bisa mencetak 4 gol, tapi permainannya tidak seperti apa yang saya mau. Hanya 50 persen pun tidak sampai," kata Shin Tae-yong seusai laga.

"Jadi saya akan bicara dengan para pemain agar pemain lebih paham apa yang saya mau. Untuk melawan vietnam atau Malaysia akan dibahas taktik dan strategi untuk hadapi lawan-lawan seperti mereka," ujarnya menambahkan.

Shin Tae-yong menyebut pemainnya sudah puas dengan keunggulan 3-1 pada babak pertama. Kondisi itu yang dimanfaatkan Kamboja untuk balik mengendalikan permainan.

Untungnya, tak banyak peluang yang dimanfaatkan tim asuhan Keisuke Honda untuk mencetak gol. Sehingga timnas Indonesia pun pada akhirnya tetap bisa memenangi pertandingan.

"Mungkin menurun karena alasan skor jauh juga, jadi para pemain kami menganggap lawan mudah. Ini memang kesalahan pemain kami, jadi ini yang harus diperbaiki oleh," ucap pelatih asal Korea.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Laos pada laga kedua, Minggu (12/12). Sang lawan sudah kalah dua kali dengan skor 0-2 dari Vietnam dan kalah lagi 0-4 dari Malaysia.



Simak Video "Shin Tae-yong Bantu Pemain Indonesia Agar Bisa Direkrut Klub Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)