FFI Ingin Futsal Indonesia Jadi Industri

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 21:27 WIB
Federasi Futsal Indonesia
Foto: Istimewa
Jakarta -

Federasi Futsal Indonesia (FFI) menggelar kongres pada Kamis (9/12/2021). Dalam kesempatan itu, FFI bertekad untuk mendorong futsal menjadi industri layaknya sepakbola.

"Hanya satu catatan yang masih perlu kita perjuangkan; masih belum ada organisasi, khususnya untuk futsal internasional. Ini akan diupayakan. Ini bagus sekali, nanti ada FIFA khusus futsal," kata Ketua Umum FFI, Hary Tanoesoedibjo, dalam keterangan pers.

Apabila futsal telah menjadi industri seperti sepakbola, Hary yakin futsal akan menjanjikan karier bagi pemain, pelatih ataupun wasit.

"Apabila berdiri sendiri, maka akan lebih fleksibel dan cepat besar. Bisa lebih cepat menjadi industri. Kita ingin futsal menjadi industri seperti sepakbola sehingga futsal bisa menjadi sebuah karier apabila menjadi industri," ujarnya.

Dalam laporan pertanggungjawabannya sebagai Ketua Umum, Hary mengatakan, sepanjang 2019 sampai dengan 2021, FFI fokus pada empat hal, yaitu organisasi, futsal development, kompetisi & kejuaraan, serta tim nasional (timnas) futsal.

"Untuk organisasi FFI berjalan lancar. Meskipun kongres sempat tertunda karena pandemi. Namun, koordinasi dengan PSSI, KONI, KOI, dan Kemenpora berjalan dengan baik," kata dia.

"Memang sempat terhenti karena pandemi, namun tahun 2021 akan dilaksanakan dengan prokes yang ketat," sambungnya.

Lebih lanjut, Harry ingin membuat Timnas futsal Indonesia lebih baik lagi. Apalagi, ada dua kejuaraan menunggu di depan yaitu SEA Games dan Piala Asia Futsal 2021.

"Pencapaian 2019, untuk timnas masuk empat besar Piala Asia. Sedangkan timnas U-20 masuk AFF peringkat dua dan lolos ke Piala Asia," ungkapnya.

"Target ke depan dapat emas di SEA Games dan empat besar di Piala Asia. Mudah-mudahan nomor satu di Asia Tenggara dan dapat berpartisipasi di Piala Dunia," terangnya.

Terakhir, Harry terus berkomitmen memajukan futsal Tanah Air.

"Komitmen saya tidak akan berhenti. Saya berharap futsal bisa menjadi industri," pungkasnya.



Simak Video "Dulu Saling Sindir, Kini Rizki DA Main Futsal Bareng Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)