Dibantu Gelar Liga 1 dan Liga 2, PSSI Apresiasi Menpora

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 10 Des 2021 00:33 WIB
Menpora Zainudin Amali - Ketum PSSI Mochamad Iriawan
Ketum PSSI apresiasi Kemenpora soal kemungkinan penonton hadiri Liga 1 dan Liga 2 (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Liga 1 dan Liga 2 tetap bisa berjalan atas rekomendasi Kementerian Pemuda dan Olahraga. PSSI pun mengapresiasi upaya Menpora Zainudin Amali untuk tetap menggelar kompetisi.

Hal ini diutarakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melakukan jumpa pers dalam rapat koordinasi kemungkinan Liga 1 dan Liga 2 dihadiri penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion.

Selain Menpora Amali dan Ketua Umum PSSI, konferensi pers itu juga dihadiri oleh Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto dan Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat drg. Kartini Rustandi, M.Kes.

Uji coba penonton dipastikan bakal terselenggara di Babak 8 Besar Liga 2 mulai 15 Desember mendatang. Pihak Kemenkes dilibatkan untuk membantu kesuksesan uji penonton ini. Sebelumnya baru pihak Kemenpora, PSSI, dan PT LIB saja yang menggelar rapat terkait menghadirkan penonton di Liga 2.

Adapun pertandingan delapan besar Liga 2 yang akan dihadiri penonton di Stadion Pakansari Bogor, salah satunya RANS Cilegon FC melawan Persis Solo. Nantinya bakal ada orang-orang terpilih dari hasil diskusi yang melibatkan klub.

Karena masih uji coba, masing-masing klub cuma kebagian jatah 100 tiket buat suporternya masing-masing. Itu berarti di stadion nantinya cuma akan ada maksimal 200 penonton yang hadir dalam satu laga. Selain terbatas, sifatnya juga undangan dan tak ada penjualan tiket komersil.

Selain itu suporter yang hadir harus menerapkan protokol kesehatan guna terhindar dari virus Corona.

"Kami dari federasi sepakbola Indonesia sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Pak Menpora Amali yang selalu menginisiasi segenap kegiatan sepakbola di Tanah Air, termasuk penyelenggaraan Liga 1 dan 2 juga atas keputusan dan arahan pak Menpora," ucap Iriawan dalam rilis kepada detikSport.

Dalam kesimpulan tadi, kita akan menguji coba menghadirkan secara terbatas penonton atau suporter pada pertandingan delapan besar Liga 2 yang akan dimulai pada 15 Desember hingga selesai di dua Stadion berbeda, yakni di Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Wibawa Mukti Bekasi," sambung Iriawan.

"Format untuk kali ini kita akan mengundang masing-masing 100 suporter yang sudah di vaksin dari kedua klub untuk hadir ke Stadion dan sebelum masuk, terlebih dulu mereka melakukan tes antigen dan tercatat di aplikasi Peduli Lindungi. Kita akan melihat dulu bagaimana uji coba tersebut dan jika berjalan lancar aman serta terkendali, maka bisa diteruskan dalam pertandingan Liga 1 seri empat dan lima di Bali," tambahnya.

Iriawan pun meminta dukungan dari seluruh pihak terkait, termasuk dengan masyarakat agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Mohon doanya dan peran serta di bawah inisiasi pak Menpora. Kita tahu Piala AFF 2020 di Singapura sudah ada suporter dan mereka tertib. Kami imbau penonton harus tiru tingkah positif seperti itu," pungkasnya.

(mrp/raw)