Persib Cuma Menang Tipis, Pelatih: Persik Sulit Lo

Yudha Maulana - Sepakbola
Senin, 13 Des 2021 06:34 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Persib Bandung akui Persik Kediri merepotkan (Dok. Istimewa)
Bantul -

Persib Bandung cuma menang 1-0 atas Persik Kediri. Pelatih Robert Rene Alberts mengakui Persik bukan lawan yang mudah ditaklukkan.

Dalam pertandingan terakhir putaran pertama Liga 1 2021 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (12/12), Persib mendapatkan satu-satunya gol di menit ke-17 lewat Frets Butuan.

Meski menang, Persib rupanya kerepotan menghadapi Persik yang menguasai 62 persen ball possesion dan membuat total 15 attempts, empat di antaranya ke gawang.

Sementara itu, Persib cuma bikin delapan attempts dengan tiga on goal. Maka dari itu, Robert sudah puas dengan kemenangan Persib yang susah payah dipertahankan sepanjang laga.

"Ini laga yang sulit, semua laga di liga, pada tahap ini semuanya sulit. Kami memulai dengan baik di 25 menit awal dengan memainkan permainan yang bagus, agresif dalam melakukan tekanan dan memiliki banyak peluang. Saya juga turut senang terhadap Frets karena bisa menempatkan bola masuk ke dalam gawang," ujar Robert dalam konferensi pers daring usai laga.

"Setelah itu kami mulai kerepotan dalam menghentikan umpan panjang mereka dan bola langsung masuk ke area pertahanan kami," sambungnya.

Permainan lini tengah Persib tampak kerepotan ketika Marc Klok mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar. Hal itu membuat Robert harus menyusun ulang strategi dengan memasukkan Abdul Aziz, agar Persib bisa tetap bermain agresif.

Apalagi Persib tak punya banyak opsi di lini serang karena Ezra Walian sedang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, bersama Victor Igbonefo.

"Kami harus membangun ulang kekuatan di lini tengah dan sulit melancarkan serangan seperti di 25 menit awal. Di 15 menit akhir kami mulai mendapatkan lagi peluang, kami punya dua peluang bagus dan mereka sepertinya hanya satu yang mana itu bisa dihentikan dengan baik oleh Teja. Jadi ini kemenangan yang cukup layak kami dapatkan, pemain juga mulai merasa kelelahan," ucap Robert.

Persib sendiri tak memiliki banyak opsi untuk melakukan rotasi pemain, pasalnya sejumlah pemain pilar Persib seperti Victor Igbonefo dan Ezra Walian masih melakukan pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

Sementara striker Geoffrey Castillion bahkan tak dimasukkan ke dalam daftar susunan pemain.

"Seperti yang sudah pernah saya katakan, pertandingan terakhir (di tiap seri) selalu sulit karena pemain kelelahan di sistem bubble ini. Jangan lupakan juga kami kehilangan banyak pemain, ada beberapa pemain yang tidak bersama kami. Kini transfer window dibuka dan kami akan melihat ke depan tentang itu," tutup Robert Rene Alberts.

(yum/raw)