Pemain Indonesia Sudah Pahami Filosofi Main Shin Tae-yong

Lucas Aditya - Sepakbola
Kamis, 16 Des 2021 11:37 WIB
Timnas U-23, Shin Tae-yong
Shin Tae-yong menilai Timnas Indonesia mulai bermain sesuai filosofi yang diinginkan. (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia belum terkalahkan di Grup B Piala AFF 2020. Skuad Garuda pun dinilai sudah memahami filosofi bermain yang diinginkan Shin Tae-yong.

Saat melawan Vietnam, Indonesia mampu memetik hasil imbang. Lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021), itu, selesai tanpa gol.

Indonesia 'memarkir bus' untuk menggapai satu poin dari Vietnam. Dalam statistik yang dilansir oleh PSSI, Indonesia didominasi oleh Dragon Star Warriors.

Penguasaan bola Indonesia ada di angka 30,9 persen. Cuma ada 1 shot, itupun tak mencapai sasaran. Sementara itu, Vietnam cuma sekali membukukan shot on target dengan total 21 percobaan.

Shin Tae-yong memang mensyukuri hasil imbang yang digapai Indonesia saat melawan Vietnam itu. Apalagi, tim asuhan Park Hang-seo dinilai mempunyai keunggulan teknik.

Lebih lanjut lagi, Shin tae-yong menegaskan bahwa cukup puas dengan para pemain muda Indonesia yang sudah memahami filosofi bermain sepakbola sesuai keinginannya.

"Saat ini memang tim kami banyak pemain muda. Mulai tahun lalu, saya menjadi pelatih Indonesia dan mempersiapkan Piala Dunia 2020, bisa menyeleksi banyak pemain muda," kata Shin Tae-yong selepas duel dengan Vietnam.

"Ada banyak pemain-pemain muda yang dimainkan, 6-7 pemain. Jadi, sampai saat ini para pemain mengikuti filosofi sepakbola yang saya inginkan dengan baik."

"Kemampuan para pemain sangat meningkat, dan para pemain memang berusaha memahami taktik saya. Saya sangat bangga dan percaya tim ini semakin lama semakin baik," kata Shin Tae-yong menambahkan.

Indonesia kini ada di posisi teratas klasemen Piala AFF 2020 Grup B dengan raihan 7 poin. Evan Dimas Darmono cs mengoleksi poin sama dengan Vietnam, tapi unggul selisih gol.

Pada pertandingan pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Indonesia akan melawan Malaysia. Dalam pertandingan di National Stadium, Minggu (19/12) malam WIB, Indonesia tinggal butuh satu poin untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

(cas/krs)