Piala AFF: Shin Tae-yong Puji Mental Timnas Indonesia

ADVERTISEMENT

Piala AFF: Shin Tae-yong Puji Mental Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 03:00 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Singapura -

Shin Tae-yong puas dan memuji mental bertanding Timnas Indonesia. Garuda menumbangkan Malaysia dengan skor telak 4-1 meski sempat tertinggal terlebih dahulu.

Malaysia sudah unggul 1-0 lewat gol Kogileswaran Raj saat laga berjalan 13 menit. Tapi Timnas Indonesia bisa membalas dengan empat gol sekaligus pada duel penentuan Grup B Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak via brace Irfan Jaya, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott. Timnas Indonesia pun mengakhiri fase grup sebagai pemuncak klasemen.

Bukan cuma skor besar yang membuat Shin Tae-yong puas. Ia bangga pemain Timnas Indonesia punya mental kuat untuk membalikkan keadaan dari kondisi tertinggal.

"Sebelum pertandingan kami mengadakan team meeting, saya tegaskan walaupun kemasukan jangan panik dan harus melakukan permainan yang diinginkan," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers, seusai laga.

"Kami juga memberi semangat supaya pemain lebih percaya diri dan jangan kalah dari segi mental serta harus menang duel. Semakin lama, semakin berkembang tim ini. Jadi saya senang," ujarnya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong punya pengalaman menaikkan mental anak-anak asuhnya dalam kondisi tertinggal saat masih menangani Korea. Untungnya, ia juga berhasil melakukannya bersama Timnas Indonesia.

"Saya juga memberi contoh saat saya menjadi pelatih Timnas Korea. Saat kami berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017. Yang terjadi kami juga kebobolan lebih dulu, ketinggalan 0-1 dari Jepang."

"Tapi setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," Shin Tae-yong mengungkapkan.

Tak cuma bangkit, Timnas Indonesia sanggup membalas dengan empat gol sekaligus. Hasil ini sekaligus menasbihkan Skuad Garuda sebagai pemuncak klasemen Grup B di atas Vietnam.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)

ADVERTISEMENT