Timnas Indonesia Seharusnya Dapat Penalti, Ini Respons Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 23 Des 2021 00:00 WIB
Ricky Richardo Kambuaya of Indonesia, right, attempts to dribble past Hariss Harun of Singapore during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final first leg match between Singapore and Indonesia in Singapore, Wednesday, Dec. 22, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Indonesia harusnya mendapat penalti saat Ricky Kambuaya dijatuhkan (AP/Suhaimi Abdullah)
Singapura -

Timnas Indonesia seharusnya mendapatkan tendangan penalti pada semifinal pertama Piala AFF 2020 kontra Singapura. Shin Tae-yong pun menanggapi insiden tersebut.

Momen yang menjadi polemik itu terjadi pada menit ke-77. Pemain Singapura Nazrul Nazari melanggar Ricky Kambuaya yang melakukan tusukan ke pertahanan Singapura.

Tekel Nazrul Nazari cukup keras hingga membuat Ricky Kambuaya terpental dalam laga di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021). Yang menjadi persoalan, pelanggaran tampak terjadi tepat di garis penalti.

Wasit Kim Hee-gon asal Korea melihat pelanggaran tersebut terjadi sedikit di luar kotak penalti dan memberikan tendangan bebas buat Timnas Indonesia. Pratama Arhan sempat memprotes keputusan itu, dengan menunjuk garis kotak penalti ke pengadil laga untuk meyakinkan bahwa timnya seharusnya mendapat penalti.

Merujuk ke Laws of the game, pelanggaran di garis penalti memang seharusnya diganjar tendangan 12 pas. Tapi dengan duel itu terjadi di sekitar garis kotak penalti, arah jatuh pemain berpotensi membuat area persis benturan menjadi rancu.

Dalam tayangan ulang baru terlihat jelas bahwa Nazrul Nazari menebas kaki Ricky Kambuaya di dalam kotak penalti. Komentator pertandingan berbahasa Inggris dibuat heran pemain Timnas Indonesia tak banyak protes timnya cuma dikasih tendangan bebas.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menanggapi santai kejadian tersebut. Baginya itu hanyalah bagian dari pertandingan.

"Saya belum lihat video tayangan ulang, jadi belum tahu apakan wasit ambil keputusan yang salah. Jadi saya harus tetap menghargai keputusan wasit," kata Shin Tae-yong seusai laga.

Kesalahan wasit Korea jadi kerugian besar buat Timnas Indonesia yang pada akhirnya harus puas bermain imbang dengan Singapura. Dengan penalti, timnas bisa saja kembali unggul dan menatap semifinal leg kedua dengan modal lebih baik.

Adapun gol-gol pada laga ini dicetak oleh Witan Sulaeman yang membawa Timnas Indonesia sempat unggul 1-0 pada menit ke-28. Singapura membalas menjadi 1-1 lewat gol dari Ikhsan Fandi pada menit ke-70.

Simak Video 'Tak Puas dengan Hasil Indonesia Vs Singapura, Shin Tae-yong: Pemain Lelah':

[Gambas:Video 20detik]



(raw/mrp)